Ketahui Tips Membeli Motor Bekas Berikut!

By Categories : Umum

Setelah pada pembasan kemarin membahas mengenai tips dalam membeli mobilbekas, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa tips dalam membeli motor bekas. Sama halnya dengan membeli mobil bekas, untuk motor bekas juga memerlukan perhatian khusus untuk mengurangi resiko penipuan yang sampai saat ini masih marak terjadi. Berikut ini adalah beberapa tips membeli motor bekas yang perlu Anda perhatikan!

Tips Membeli Motor

Tips Membeli Motor Bekas yang Perlu Diperhatikan

Menyiapkan Dana

Tips membeli motor bekas yang pertama adalah dengan menyiapkan dana terlebih dahulu. Hal finansial memang sangat dibutuhan dan menjadi yang pertama ketika akan melakukan proses transaksi pembelian. Sebaiknya Anda menyiapkan dana lebih dan mencari pasaran harga mengenai motor bekas yang Anda inginkan. Meskipun begitu jangan lupa untuk melakukan tawar menawar mengenai harga motor bekas yang Anda ingini.

Tentukan Sepeda Motor yang Anda Inginkan

Tips membeli motor bekas berikutnya adalah dengan menentukan sepeda motor apa yang akan Anda beli. Dengan mengetahui poin ini Anda sudah tidak bingung lagi mengenai motor yang akan dipilih apakah motor bebek dengan transmisi manual ataukah motor matic. Selain itu sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda dalam menggunakan motor dikemudian hari setelah Anda resmi membelinya, jangan lupa untuk menentukan merk sepeda motor, pada dasarnya terdapat beberapa merk sepeda motor yang bersaing ketat di pasaran.

Mencari Referensi Harga Motor Bekas

Seperti pejelasan pada poin pertama ketika akan membeli motor bekas sebaiknya mengetahui juga berapa harga pasaran dari motor tersebut. Pastikan juga Anda mengetahui waktu keluaran motor tersebut. Dengan mengetahui harga pasaran yang telah dibanding-bandingkan akan mengurangi resiko rugi setelah membelinya, Adapun referens yang bisa Anda gunakan melalui media cetak ataupun melalui media cetak.

Mengecek Kondisi Bodi Motor

Setelah mengetahui poin-poin di atas, Anda dapat mengecek bodi pada sepeda motor. Mengecek bodi sepeda motor sangat perlu dipertimbangkan dalam proses pembelian motor bekas. Biasanya orang akan lebih tertarik dahulu pada bodi motor yang masih bagus. Untuk itu Anda pastikan dengan baik setiap bodi pada kendaraan apakah masih bagus atau terdapat cacat fisik yang kemungkinan besar pernah terjadi kecelakaan pada motor tersebut.

Mengecek Keadaan Mesin Motor

Setelah mengecek kondisi bodi pada motor, selanjutnya jangan lupa untuk mengecek keadaan mesin pada motor. Poin ini sangat penting sekali untuk diperhatikan mengingat keadaan mesin motor harus bagus untuk menghindari resiko pergantian spare part yang tentunya membutuhkan dana cukup banyak. Bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan mesin motor, Anda dapat mencari alternatif dengan mengajak teknisi motor atau teman Anda yang bekerja di bengkel motor. Dengan begitu akan lebih aman dalam membeli motor bekas.

Mengecek Surat Kelengkapan

Selain poin-poin di atas itu jangan lupa untuk memeriksa surat perlengkapan kedaraan tersebut seperti STNK maupun BPKB motor. Pastikan yang menjual motor tersebut adalah orang pertama, sehingga harga yang dibandrol akan lebih murah, serta meminimalisir penipuan.

Nah demikianlah tadi beberapa ulasan mengenai tips membeli motor bekas yang perlu Anda perhatikan. Baca juga artikel terkait lainnya Tips membeli mobil bekas.