Kegunaan Kapur Sirih untuk Kulit

By Categories : Kesehatan

Kapur sirih sudah digunakan sejak zaman nenek moyang sebagai obat tradisional. Kapur sirih berasal dari hasil endapan yang berasal dari batu kapur yang terendam oleh air selama kurun waktu 7 sampai 8 hari. Hasil rendaman dalam kurun waktu tersebut akan menghasilkan kapur sirih. Kapur sirih berbeda dengan kapur yang biasa digunakan untuk bahan bangunan, mengingat kapur sirih dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kecantikan kulit.

Manfaat kapur sirih yang sering digunakan oleh sebagian orang seperti untuk mengatasi berbagai permasalahan pada wajah. Namun sebenarnya bukan hanya untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh, tetapi kapur sirih juga digunakan untuk mengolah makanan serta menghilangkan gatal pada tenggorokan. Untuk membantu memberikan informasi mengenai apa saja kegunaan kapur sirih untuk kulit? Lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut.

Kapur Sirih untuk Kulit

Berikut Kegunaan Kapur Sirih bagi Kulit

Membantu Menghaluskan Kulit Wajah dari Flek atau Noda Hitam

Flek hitam pada wajah akan mengurangi rasa percaya diri. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah salah satunya adalah dengan memanfaatkan kapur sirih. Cara penggunaan kapur sirih cukup mudah yaitu dengan cara mencapurkan kapur sirih dengan jeruk nipis, setelah itu usapkan pada bagian kulit yang memiliki flek hitam. Tunggu sekitar 10 menit, setelah itu barulah basuh dengan menggunakan air bersih. Anda dapat melakukannya sebelum tidur. Baca juga Manfaat madu untuk wajah.

Membantu Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Kegunaan kapur sirih yang berikutnya adalah membantu dalam menghilangkan bau ketiak secara alami. Bau ketiak menjadi permasalahan sendiri yang sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah bau ketiak bisa menggunakan deodorant, selain itu untuk cara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan kapur sirih. Pada sebuah penelitian yang dilakukan bahwa kapur sirih aman untuk kulit ketiak, disamping itu mampu menyerap keringat dalam kurun waktu sekitar 12 jam. Oleh karena itu kapur sirih bisa digunakan sebagai deodorant alami.

Untuk cara penggunaan kapur sirih sebagai penghilang bau ketiak yaitu dengan mengoleskan kapur sirih pada ketiak kemudian membiarkannya kurang lebih selama 15 menit, barulah setelah itu membilasnya dengan air bersih.

Nah itulah tadi kegunaan kapur sirih bagi kulit yang perlu Anda ketahui. Selain untuk kulit, kapur sirih juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan makanan. Misal saja digunakan untuk membuat manisan mangga atau buah lainnya dengan cara merendam ke dalam larutan kapur sirih, hal ini bertujuan untuk tekstur dari buah yang akan dibuat manisan lebih keras dan tidak hancur ketika direbus. Di sisi lain orang zaman dahulu menggunakan kapur sirih untuk memperkuat gigi dengan cara dijadikan sebagai “nyirih” dengan menguyah pinang dan sirih secara bersama. Baca juga Manfaat belerang bagi kulit.

terms: manfaat kapur sirih, amankah menggunakan kapur sirih untuk masker wajah dan apa manfaatnya, Aman kah kapur sirih sebagai deodoran