Jenis Landak Mini Lengkap Dengan Kisaran Harganya

By Categories : Umum

Landak merupakan salah satu bintang unik yang memiliki rambut atau bulu tebal yang membentuk duri untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Namun tahukah Anda ada pula jenis landak yang durinya tidak lancip dan tajam, yaitu landak mini. Landak mini sendiri adalah salah satu jenis landak dari keluarga Erinaceinae. Landak minu adalah hewan yang aktif pada malam hari atau disebut dengan hawan noctural, sehingga biasanya pada siang hari landak mini akan bersembunyi pada tempat yang gelap. Usia hidup landak mini bisanya berkisar antara 6-10 tahun.  Tak hanya satu jenis saja, landak hias ini juga memiliki beberapa jenis.

landak mini

Nah sebelum mengetahui jenis-jenis dari landak mini, tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara merawat landak mini yang tepat, mulai dari selalu memperhatikan kebersihan kandang, makanan hingga kebersihan landak itu sendiri. Bagi Anda yang menyukai bintang mungil ini, berikut adalah beberapa jenis landak mini lengkap dengan kisaran harganya yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Inilah jenis dan harga landak mini paling lengkap

Landak mini albino

Di alam liar, jenis landak ini seringkali diserang oleh predator. Hal ini dikarenakan landak mini albino kurang bisa berkamuflase. Sama seperti namanya, hewan kecil menggemaskan ini memiliki ciri khas yaitu bulu dan muka yang perwarna putih. Selain itu, landak albino juga memiliki hidung yang bewarna merah muda. Jika dibandingkan dengan jenis landak lainnya, landak mini albino adalah salah satu jenis landak yang sering dipelihara. Untuk harganya sendiri, landak jenis ini dipatok dengan harga sekitar Rp 150 hingga 300 ribu untuk indukannya.

Landak mini salt and pepper

Yang kedua adalah landak mini salt and pepper. Ciri khas dari jenis landak ini adalah durinya yang berwarna putih dan dibalut dengan warna hitam, muka berwarna putih dengan warna hitam pada hidung dan telinganya. Untuk kisaran harganya pun hampir sama seperti landak mini albino, yaitu sekitar Rp 150 hingga 500 ribu per ekornya.

Landak mini Cinnamon

Jenis landak mini selanjutnya adalah landak mini cinnamon. Jika diperhatikan, jenis landak ini memiliki ukuran tubuh yang sama seperti salt and pepper. Namun yang membedakan adalah adanya duri dari landak mini cinnamon berwarna krem atau cokelat muda, matanya berwarna merah ruby sementara hidungnya berwarna cokelat hati

Landak mini pinto

Berikutnya adalah landak mini pinto. Landak mini pinto memiliki corak warna yang unik jika dibandingkan dengan landak lannya. Corak landak pinto ini terlihat adanya kekurangan warna pada durinya dan pada kulit dibalik kulitnya. Sehingga jenis landk ini terlihat seperti memiliki bercak-bercak putih di luar. Untuk kisaran harganya pun beragam, yaitu sekitar Rp 150 hingga 300 ribu per ekornya.

Landak mini apricot

Yang menarik perhatian dari jenis landak ini adalah durinya yang berwarna orange cerah dengan sedikit campuran krem serta warnanya yang berwarna merah ruby. Selain landak mini albino, landak mini apricot juga paling banyak diminati.

Nah itulah beberapa jenis landak mini lengkap dengan kisaran harganya. Namun sebelum Anda memilih salah satu jenis landak yang akan dipelihara, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya. Merawat hewan peliharaan yang tepat juga penting karena selain dapat membuat hewan nyaman juga penting untuk kesehatan hewan dan lingkungan sekitar.

Cara merawat landak mini

Untuk merawat landak mini perlu memperhatikan tiga hal, diantaranya adalah kandang, makanan, dan kebersihan. Berikut cara merawat landak mini yang perlu Anda ketahui.

Dari segi kandang

Untuk kandang landak mini sebaginya menggunakan bahan logam, akuarium, atau plastik sangkar. Ukurannya juga harus Anda perhatikan agar landak mini memiliki tempat yang nyaman untuk membuat sarang. Untuk bagian alas Anda dapat menggunakan serbuk gergaji agar kaki landak lebih nyaman dan hindari bahan logam. Siapkan tempat kecil sebagai perlindungan landak, buatlah seperti goa yang terbuat dari kayu atau plastik. Tempat ini dapat dijadikan tempat tinggal landak pada siang hari.

Dari segi makanan

Landak mini merupakan hewan insectivore, yakni hewan pemakan serangga. Namun walaupun demikian Anda dapat memberikan makanan kering lainnya atau Anda dapat sesekali memberi makan ulat hongkong. Letakkan makanan tersebut pada wadah yang berat dan sediakan tempat air minum khusus seperti tempat air minum hamster agar landak mini dapat menyedot air tersebut.

Dari segi kebersihan

Semua jenis landak mini memerlukan perawatan kebersihan yang sama agar tetap sehat. Anda perlu memandikan landak mini secara rutin. Cara juga cukup mudah, Anda cukup menyediakan baskom yang berisi air. Kemudian Anda masukan landak mini ke baskom tersebut. Sikat bagian punggungnya mengunakan sikat gigi dan sabun cair. Untuk bagian perut Anda dapat membersihkannya menggunakan tangan. Setelah bersih bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Baca juga cara merawat sugar glider untuk pemula.