Jenis Kopi di Indonesia Paling Nikmat dan Digemari Banyak Orang

By Categories : Umum

Jenis kopi di Indonesia merupakan salah satu jenis kopi yang digemari oleh banyak orang. Nah bagi Anda penikmat kopi, jangan lupa untuk mencicipi beberapa varietas kopi asli Indonesia yang akan membuat Anda ketagihan. Daripada penasaran, kali ini akan menjelaskan mengenai kopi asli dari Indonesia paling nikmat dan paling berkualitas. Sebelum membahas mengenai hal tersebut, simak saja ulasan berikut ini.

Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi dengan jenis terbanyak di dunia dan perlu diketahui dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, ada belasan dan bahkan puluhan jenis kopi yang memilki rasa dan kualitas prima serta karakteristik yang unik.

Minum kopi adalah salah satu tradisi turun temurun di Indonesia yang saat belakangan ini menjadi gaya hidup hampir setiap orang. Sejak dulu kopi sudah menjadi minuman khas bagi masyarakat Indonesia. Selain ngopi di rumah, banyak orang yang rela menghabiskan waktunya di cafe untuk berkumpul ataupun sekadar menikmati kopi kesukaan mereka.

Dari sekian banyak jenis kopi yang ada di Indonesia, jenis kopi mana yang paling unggul dan memiliki citarasa yang unik? Barista sekaligus Q grader dari Djournal Foffe, Sendydjaja Genta Susilo mengatakan bahwa setidaknya ada lima jenis kopi yang paling unggul di Indonesia. Apa saja jenis kopi tersebut? Berikut ulasannya.Jenis kopi di Indonesia

Jenis Kopi di Indonesia Paling Unggul dan Enak

Kopi Papua atau Kopi Wamena

Yang pertama adalah Kopi Papua atau Kopi Wamena. Menurut Sendy, kopi Papua memiliki rasa yang sangat menarik. Hal ini karena kopi ini dipengaruhi oleh georafis, sebab perkebunan kopi Papua berada di 15.000 kaki dari pantai dengan suhu 20 hingga 25 derajat celcius.

Baca juga cara membedakan kopi luwak asli dan palsu

Jenis kopi Arabika ini memiliki tekstur yang halus, aroma harum dan rasa yang sangat manis. Banyak penikmat kopi yang mengatakan bahwa kopi Papua ini rasanya hampir mirip dengan biji kopi Jamaica Blue Mountain, di mana kopi tersebut di tanam di daerah Blue Mountain di Jamaica. Jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, Kopi Papua mengandung kafein yang cukup rendah.

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera adalah salah satu varietas kopi yang berasal dari Sumatera. Kopi ini juga memiliki cita rasa paling berat dan kompleks di antara kopi yang ada di seluruh dunia. Umumnya ada beberapa jenis kopi Sumatera, mulai dari Kopi Aceh, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Besemah dan Kopi Lampung.

Dari beberapa jenis kopi Sumatera tentu saja memiliki keunikan dan citarasa tersendiri. Selain itu, kopi Sumatera terkenal memiliki rasa yang kuat dan pekat. Nah bagi Anda penikmat kopi, tak ada salahnya jika mencoba beberapa kopi Sumatera tersebut.

Kopi Flores

Berikutnya adalah kopi Flores, Kopi khas Flores juga memiliki citarasa yang menarik dan beragam. Ciri umum kopi Flores adalah kekentalannya tinggi, keasaman rendah dan rasanya yang beragam mulai dari kacang-kacangan, cokelat, vanili dengan karamel alamiah. Tak hanya itu saja, menurut Sendy kopi Flores juga memiliki rasa seperti red wine, oak, citrus dan pastinya sangat enak. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Kopi Jawa

Jenis kopi di Indonesia selanjutnya adalah kopi Jawa. Kopi Jawa sangat berbeda dengan kopi Sumatera baik dari citarasa  dan teksturnya. Jika kopi Sumatera memiliki tekstur yang pekat, kopi Jawa memiliki tekstur medium, tidak terlalu pekat dan tidak terlalu ringan. Untuk rasanya sendiri kopi Jawa memilki rasa yang  relatif manis. Kopi Jawa yang paling terkenal adalah Jampit dan Blawan. Kopi ini dibudidayakan pertama kali oleh kolonial Belanda pada tahun abad 18 pada perkebunan besar.

Kopi Sulawesi

Kopi Sulawesi, tepatnya dari Enrekang memiliki rasa pekat dan dalam. Rasanya sangat hangat ditenggorokan. Menurut Sendy, rasanya seperti habis minum alkohol. Akan tetapi kopi Enrekang tidak bisa di roasting sembadangan. Sendy mengatakan bahwa kopi jenis ini harus di roasting dengan tingkat kematangan sedikit dark.

Roasting dengan tingkat dark akan mengeluarkan aroma kopi yang nikmat dan rasanya yang gosong dan sedikit pahit. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kopi Sulawesi terutama dari Enrekang,  jangan lupa untuk memperhatikan proses tersebut agar rasanya lebih nikmat.

Baca juga ini dia cara sehat minum kopi

Nah itulah beberapa jenis kopi di Indonesia paling  nikmat dan banyak penggemarnya. Meskipun begitu, bukan berarti kopi dari daerah lainnya kurang nikmat ataupun kurang berkualitas. Kopi yang dihasilkan tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas pada rasanya. Oleh karena itu, jika Anda pecinta kopi tak ada salahnya jika mencicipi berbagai macam kopi yang ada di Indonesia.