Jenis Ikan Hias Aquascape

By Categories : Umum

Kehadiran Aquascape telah menarik perhatian kebanyakan orang untuk membuatnya. Aquascape berbeda dengan aquarium, cara membuat aquascape lebih pada teknik menghiasnya. Untuk Aquascape dirancang dengan memperhatikan tanaman hias air dan juga kayu sebagai media untuk tanaman, sedangkan untuk aquarium biasanya hanya digunakan untuk memelihara ikan hias.

Untuk membuat aquascape membutuhkan perhatian khusus agar nampak indah dan enak untuk dilihat. Perhatian terhadap beberapa jenis ikan hias juga diprelukan untuk mendukung aquascape agar tetap terlihat indah dan menarik. Namun sebagian orang masih takut untuk memilih jenis ikan hias yang akan digunakan di dalam aquascape dengan alasan hanya membuat air menjadi cepat kotor akibat dari si ikan. Hal tersebut dapat di atasi asalkan benar dalam memilih jenis ikan.

Lalu apa saja jenis ikan hias aquascape yang cocok untuk dipelihara? Di bawah ini terdapat beberapa jenis ikan hias aquascape yang dapat Anda jadikan sebagai rekomendasi.

Berikut Jenis Ikan Hias Aquascape

Ikan Guppy

Salah satu jenis ikan hias aquascape yang dapat Anda jadikan rekomendasi adalah ikan guppy. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar alias memiliki ukuran badan mungil. Untuk panjang ikan guppy betina hanya mencapai 6 cm saja, sedangkan untuk ikan guppy jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan betina. Ikan guppy jantan memiliki ciri khas pada ekornya yang menyerupai kipas dengan aneka ragam warna.

Rasbora

Rasbora

Jenis ikan aquascape selanjutnya adalah rasbora. Ikan rasbora biasa dikenal dengan nama ikan harlequin. Ikan jenis ini berlokasi di Asia Tenggara yang memiliki warna merah pada bagian sisiknya. Spesies ikan ini memiliki ukuran tubuh dapat mencapai 5 cm serta memiliki sifat yang unik yakni menyukai hidup berkelompok.

Rainbow Fish

Rainbow Fish

Jenis ikan aquascape yang ketiga adalah rainbow fish. Jenis ikan ini memiliki warna yang indah pada bagian tubuhnya dengan adanya garis-garis yang menyerupai warna pelangi. Ukuran dari ikan ini memiliki panjang tubuh mencapai 10 cm saja. Rainbow fish banyak ditemukan di Australia, Indonesia, dan Papua Nugini.

Neon Tetra

Neon Tetra

Tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan jenis ikan neon tetra. Jenis ikan hias ini sangat cocok digunakan dalam aquascape, karena panjang tubuhnya hanya brukuran 2 sampai 3 cm saja. Seperti ikan hias di atas, untuk ikan hias ini memiliki bentuk sisik indah dengan warna merah metalik, perak, dan juga sedikit biru. Makanan ikan neon dapat berupa cacing beku, udang kecil, atau juga pakan kering dengan memberi secukupnya.

Manfish

Manfish

Jenis ikan hias aquascape yang kelima adalah manfish. Untuk jenis ikan ini gemar mengonsumsi cacing beku, udang, dan juga pellet. Namun terkadang ikan ini suka menggigit ekor ikan kecil lain yang berada di sekitarnya, selain itu ikan ini juga suka mengonsumsi ikan hias Anda. Jadi ketika memelihara ikan ini, sebaiknya jangan memelihara udang hias. Manfish tidak suka mengonsumsi tanaman, sehingga tidak merusak tanaman hias.

Nah itulah tadi beberapa jenis ikan dari sekian banyak ikan hias yang bisa digunakan untuk aquascape yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Tips merawat ikan koki di aquarium.

terms: ikan aquascape, macam2 ikan neon, ikan tetra yang terbaik, macam2 ikan hias kecil