Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

By Categories : Umum

Selain terdapat jenis ikan hias air laut, terdapat pula jenis ikan air tawar yang dapat dipelihara di aquarium. Beberapa ikan hias air tawar menjadi salah satu pilihan kebanyakan orang untuk dipelihara di aquarium. Ikan hias air tawar dapat mudah dijumpai dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan ikan hias jenis air laut. Selain itu ikan hias air tawar juga tak kalah menarik dengan jenis ikan hias air laut.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis ikan hias air tawar yang menjadi primadona untuk dipelihara di aquarium. Nah bagi Anda yang suka mengkoleksi jenis ikan hias air tawar, Anda dapat mencoba beberapa jenis ikan hias air tawar berikut ini.

Berikut Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium

Ikan Koi

Ikan Koi1

Ikan Koi memiliki nama ilmiah Cyprinus carpio L. Ikan ini pertama kali populer bukanlah di Indonesia melainkan pertama kali populer di Jepang. Di Indonesia ikan koi dipercaya dapat membawa hoki bagi mereka yang memeliharanya. Ikan koi termasuk salah satu ikan hias yang populer dipelihara kebanyakan orang di aquarium. Ikan hias ini memiliki beberapa warna pada tubuhnya, sehingga menjadi salah satu daya tariknya.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang atau disebut dengan Betta sp merupakan ikan hias air tawar berikutnya yang populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan cupang merupakan ikan air tawar endemik yang banyak terdapat di Asia Tenggara. Ikan cupang dapat dipelihara sebagai ikan hias dan juga ikan aduan. Ikan ini memiliki ekor indah yang menjadi salah satu daya tarik bagi kalangan pecinta ikan.

Ikan Arwana

Ikan Arwana1

Untuk jenis ikan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar yang memiliki harga mencapai jutaan rupiah tiap ekornya. Ikan yang dipercaya juga membawa hoki ini banyak ditemukan di perairan air tawar Papua dan Kalimantan. Ikan arwana memiliki nama ilmiah Scleropages sp.

Ikan Koki

Ikan Koki

Ikan koki memiliki nama ilmiah Carrasius auratus yang masih dalam satu keluarga dengan ikan mas. Ikan ini berbeda dengan ikan koi. Ikan koki merupakan ikan hias di Cina. Tetapi yang mempopulerkan ikan ini adalah Jepang. Ikan koki sangat terkenal di Indonesia dan sering dijadikan sebagai ikan hias di aquarium. Produksi ikan koki di Indonesia sangat banyak dan dapat mudah ditemukan di berbagai daerah.

Ikan Guppy

Ikan Guppy1

Yang kelima adalah Ikan Guppy. Ikan ini memiliki nama ilmiah Poecilia reticulate. Tak kalah cantik dengan ikan hias di atas, ikan ini memiliki tubuh kecil dan dengan warna yang menarik. Ikan guppy jenis ikan air tawar yang dibudidayakan cukup banyak di Indonesia. Ikan ini sering dipelihara di aquarium dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Baca juga artikel mengenai Jenis ikan hias Aquascape.

terms: ikan, ikan hias, ikan hias cantik aquarium