Inilah Tips Penting Merawat Anak Kucing Persia

By Categories : Tips

Bagi Anda yang gemar memelihara jenis kucing persia sebagai hewan peliharaan sebaiknya Anda mengetahui beberapa prosedur  yang perlu diperhatikan untuk memelihara anak kucing persia. Ini karena perawatan pada anak kucing persia berbeda dengan induknya. Anak persia cenderung memerlukan perhatian lebih dalam hal perawatan.

Beberapa Tips Merawat Kucing yang Benar

Cat at the hairdresser

Merawat dan Memperhatikan

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah anak kucing persia atau yang biasa disebut kitten akan membutuhkan perhatian yang lebih dan menjamin agar kucing tersebut selalu sehat. Umumnya anak kucing ini tidak dapat lepas dari induknya hingga umur 3 bulan. Untuk itu jika Anda memutuskan untuk merawat anak kucing tersebut harus menunggu hingga umur 3 bulan.

Usia 0-2 bulan

Saat lahir hingga umur 2 bulan, anak kucing akan dirawat sepenuhnya oleh sang induk. Dalam tahap ini tugas Anda adalah memperhatikan asupan makanan dari indukan dan selalu bersihan lingkungan dari kandang kucing. Indukan persia harus selalu sehat untuk dapat memberikan asupan ASI untuk anaknya. Anak kucing persia membutuhkan asupan ASI hingga umur 3 bulan. Selain itu, kebersihan dan luas kandang juga bisa menjadi priorotas agar indukan dan anak kucing merasa nyaman. Usahakan selalu mengecek posisi anak kucing saat menerima ASI, apakah sudah maksimal, tertindih indukan, atau masalah lainnya.

Biasanya kitten lahir dengan mata tertutup. Pada usia 2-3 minggu mata akan mulai terbuka. Pada wakti itu, anak kucing persia dapat diberikan makanan kucing usia 1 bulan. Makanan yang tepat adalah makanan yang memiliki tekstur lembut untuk kucing.

Usia 2-5 bulan

Setelah umur lebih dari 2 bulan, persediaan ASI dari indukan sudah mulai berkurang. Anda dapat menggantinya dengan susu kucing kemasan. Susu tersebut khusus kucing karena tidak mengandung laktosa sehingga mudah dicerna oleh tubuh kucing. Di usia ini kucing juga harus divaksinasi ke dokter hewan dengan tujuan menjaga daya tahan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

Saat usia kucing masuk 3 bulan, Anda dapat memisahkannya dengan induknya dan berilah tempat yang hangat untuk kandang kucing. Anda dapat menggunakan lampu bohlam di atap kandang kucing untuk memberkan rasa hangat saat malam hari. Hal yang dapat menandakan kucing kedinginan adalah kotorannya yang terlalu encer.

Bersihkan kotoran di sekitar matanya

Anda harus rutin membersihkan area sekitar mata karena sering kotor. Hal ini disebabkan anak kucing persia memang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk tidur. Sehingga membersihkan kotoran disekitar mata sangat penting untuk diperhatikan. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas pada air hangat , setelah itu usapkan perlahan pada area mata hingga bersih.

Memberikan susu khusus anak kucing

Tips merawat anak kucing selanjutnya adalah dengan rutin memberikan susu yang khusus untuk kucing. Perlu Anda ingat bahwa jangan sekali-kali memberikan susu manusia pada anak kucing persia. Hal ini karena kandungan laktosa pada susu untuk manusia dapat menyebabkan kerusakan di bagian pencernaan anak kucing.

Memang untuk cara ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus membeli secara rutin susu formula khusus untuk anak kucing. Cara merawat kucing tanpa induk dengan pemberian susu formula cukup mudah.  Anda hanya menyediakan wadah yang berukuran kecil kemudian letakkan susu yang sudah dilarutkan air di dalamnya. Disarankan Anda menggunakan air hangat, kemudian biarkan anak kucing tersebut kenyang.

Pahami tanda anak kucing lapar

Cara merawat anak kucing selanjutnya adalah dengan memahami bahwa anak kucing tersebut lapar. Bagaimana tandanya? Jika anak kucing tersebut  mengeluarkan suara yang cukup lantang itu artinya kucing tersebut masih lapar. Sehingga Anda dapat memberinya susu formula. Namun jika kucing tersebut masih mengeong setelah Anda memberinya makanan dan susu maka langkah Anda adalah dengan memindahkan anak kucing tersebut ke tempat lain. Hal ini karena anak kucing persia biasanya memerlukan tempat yang nyaman dan tidak terlalu ramai.

Memberikan makanan khusus kucing

Memberikan makanan khusus untuk kucing adalah cara selanjutnya merawat anak kucing persia. Makanan tersebut seperti whiskas untuk kucing ya sudah mulai timbuh besar. Atau Anda juga dapat menyesuaikan makanan sesuai dengan usia kucing Anda.

Sediakan box pasir

Selain merawatnya dengan memberikan asupan makanan yang baik, Anda juga harus memperhatikan tempat pembuangan kotoran anak kucing persia. Caranya adalah sediakan box pasir pada kandang dan gunakan pasir khusus untuk kucing.

Untuk usia kucing lebih dari tiga bulan, Anda dapat memandikannya  2 kali seminggu pada jam 9-10 pagi. Dan gunakanlah air hangat serta shampo khusus anak kucing persia. Untuk mengeringkan bulu kucing, Anda dapat menggunakan dryer dan sisir khusus untuk kucing. Pastikan jika bulu kucing benar-benar kering agar terhindar dari berbagai jenis penyakit kucing akibat bakteri dan jamur. Dengan perawatan yang teratur maka anak kucing persia akan tumbuh dewasa menjadi kucing yang sehat.