Inilah Penyebab Gumoh Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

By Categories : Kesehatan

Selain bayi sering muntah, bayi sering gumoh juga merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh bayi terutama yang baru lahir. Ketika bayi mengalami gumoh, orang tua pasti mengkhawatirkan kondisi ini. Lantas ketika bayi gumoh, apakah orang tua harus khawatir? Tenang jangan khawatir, jika sebelumnya sudah membahas mengenai penyebab bayi sering muntah dan cara mengatasinya, kali ini akan membahas mengenai penyebab gumoh pada bayi dan juga lengkap dengan cara mengatasinya.

Gumoh yang terjadi pada bayi merupakan sebuah muntah ringan. Ketika bayi mengalami hal ini ia akan mengalami suatu kondisi yang disebut dengan regurgitasi makanan. Di mana kondisi tersebut akan menyebabkan makanan dan minuman yang ia makan keluar dalam bentuk cairan yang mengalir, sedikit-sedikit ataupun menetes.

Penyebab Gumoh Pada Bayi

Ketika bayi mengalami gumoh, para orang tua jangan khawatir. Karena gumoh merupakan salah satu hal normal yang biasa terjadi pada bayi akibat sistem pencernaannya belum berkembang dengan sempurna. Lantas apa saja penyebab gumoh pada bayi dan cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Penyebab bayi sering gumoh lengkap dengan cara mengatasinya

Penyebab bayi sering gumoh

  1. Penyebab yang pertama adalah karena organ pencernaan bayi belum berkembang dengan sempurna. Ketika lambung tidak kuat menampung makanan dan bayi sudah menerima makanan lagi, maka dapat menyebabkan aliran balik makanan dari lambung ke kerongkongan dan menyebabkan gumoh.
  2. Penyebab yang kedua adalah karena bayi banyak menelan udara. Ketika memberikan ASI, ibu harus memperhatikan posisi yang tepat. Karena posisi yang tidak tepat dapat membuat bayi menelan banyak udara. Udara yang tertelan dapat mendorong makanan yang berada di atasnya keluar kembali. Dan hal inilah yang menyebabkan bayi gumoh.
  3. Penyebab gumoh pada bayi selanjutnya adalah bayi menangis berlebihan. Bayi menangis berlebihan juga merupakan salah satu penyebab dari bayi sering gumoh. Bayi yang menangis berlebihan dapat menyebabkan ia menelan banyak udara. Sehingga bayi akan mengalami gumoh dan bahkan muntah yang berlebih.
  4. Berikutnya adalah disebabkan kerongkongan bawah bayi yang masih lemah. Lemahnya otot-otot pada kerongkongan dapat menyebabkan aliran balik makanan dari lambung ke kerongkongan dan akhirnya menyebabkan gumoh.

Lalu bagaimana cara mengatasi gumoh? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Cara mengatasi gumoh yang terjadi pada bayi

  1. Ketika bayi gumoh terjadi pada saat bayi digendong, Anda bisa mengatasinya dengan cara membungkukkan badan bayi ke depan ataupun ke belakang agar gumoh dapat mengalir keluar.
  2. Yang kedua adalah jika gumoh terjadi pada saat bayi tidur telentang, segera miringkan tubuh bayi dan pastikan kepala berada di posisi yang lebih rendah dari badan. Jangan pernah mengangkat bayi, karena gumoh dapat turun dan masuk ke paru-paru.

Nah itulah beberapa penyebab gumoh pada bayi dan cara mengatasinya.

Baca juga artikel lainnya cara mengatasi biang keringat pada bayi.

terms: penyebab bayi sering gumoh berlebih