Inilah Makanan Sumber Vitamin B Kompleks

By Categories : Kesehatan, Makanan

Vitamin B adalah salah satu vitamin yang larut dalam air yang sangat berguna dalam metabolisme tubuh. Pada zaman dahulu vitamin B diduga hanya memiliki satu tipe seperti vitamin A, C dan lainnya. namun seiring dengan berkembangnya teknologi, penelitian lebih lanjut pun dilakukan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa vitamin B terbagi menjadi beberapa tipe, atau yang biasa disebut sebagai vitamin B kompleks.

Makanan Sumber Vitamin B Kompleks

Selain sebagai proses metabolisme tubuh, manfaat vitamin B lainnya juga berfungsi untuk menjaga sistem saraf, untuk energi dan lainnya. Nah berikut adalah makanan sumber vitamin B komplek yang dapat Anda konsumsi.

Daftar makanan sumber vitamin B kompleks

Brokoli

Yang pertama adalah brokoli. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki rasa enak dan renyah. Selain dimasak menjadi sup, Anda juga dapat memanfaatkan brokoli sebagai campuran sayur lainnya. Dalam 200 gram brokoli mengandung vitamin B1 sebesar 0,047 mg, B2 sebesar 0,095 mg, B3 sebesar 0,43 mg dan B5 sebesar 0,48 mg. Mengonsumsi brokoli secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol, mencegah kanker, baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang serta juga dapat mengatasi peradangan.

Asparagus

Hingga saat ini, belum banyak orang yang mengetahui sayura yang satu ini. Hal ini dikarenakan asparagus merupakan tanaman asli dari daratan Mediterania di Eropa. Namun meskipun begitu, Anda bisa menemukannya di supermarket ataupun pasar sayur organik. Vitamin B yang terkandung dalam 6 batang asparagus, antara lain B1 sebesar 0,145, B2 sebesar 0,120, B3 sebesar 0,93, B5 sebesar 0.2 mg, B6 sebesar 0,075 mg dan B9 sebesar 135 mcg.

Rebung

Sumber vitamin B kompleks selanjutnya adalah rebung. Rebung merupakan akar bambu muda yang sering diolah menjadi berbagai macam masakan ataupun makanan ringan salah satunya lumpia. Selain kaya akan vitamin B, rebung juga mengandung nutrisi lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu serat, dalam 100 gram rebung kaya akan2,5 gram serat. Kandungan serat dalam rebung tentu saja sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi kolesterol serta dapat mengatasi sembelit.

Buah bit

Meskipun memiliki rasa yang sedikit tidak enak, akan tetapi buah bit juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin B. Dalam 100 gram buah bit, mengandung vitamin B1 sebesar 0,025 mg, B2 sebesar 0,035 mg, B3 sebesar 0,289 mg, B5 sebesar 0,127, B6 sebesar 0,059 mg dan B9 sebesar 65 mcg. Namun tak hanya itu saja, buah bit juga kaya akan zat besi, kalium, magnesium dan juga fosfor yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah dan metabolisme tubuh.

Daging merah

Berikutnya adalah daging merah. Kandungan vitamin B yang terdapat pada daging merah sangat berguna untuk memenuhi asupan vitamin B dalam setia harinya. selain itu kandungan zat kreatin pada daging merah juga akan bekerja sama dengan vitamin B untuk mencegah kekurangan gizi dan mendukung sistem kesehatan mental seseorang.

Demikianlah ulasan mengenai makanan sumber vitamin B kompleks. Makanan-makanan tersebut tentu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat makanan yang mengandung vitamin B kompleks

Meningkatkan energi

Tubuh seseorang membutuhkan vitamin B kompleks untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian dapat menjadi energi saat beraktivitas atau latihan. Jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks maka proses pembentukan energi tidak berjalan maksimal dan menyebabkan Anda mudah lemah serta mengalami penurunan vitalitas ketika latihan atau beraktivitas.

Membantu proses metabolisme

Vitamin B kompleks mampu larut dalam air sehingga dapat memperbaiki pencernaan serta memproduksi asam klorida yang memiliki fungsi untuk memecah lemak, protein serta karbohidrat. Vitamin B komples sangat penting untuk menjaga pencernaan sehingga jika seseorang kekurangan vitamin B komleks akan berisiko terkena masalah pencernaan parah.

Meningkatkan fungsi otak

Vitamin B ini dapat berperan dalam meningkatkan fungsi memori serta konsentrasi. Vitamin B kompleks bekerja dengan cara melindungi area sekitar saraf otak dari ancaman homosistein atau yang dikenal dengan racun sel-sel saraf.

Mencegah penuaan dini

Jika Anda mengonsumsi berbagai makanan sumber vitamin B kompleks maka dapat mencegah penuaan dini. Perlu Anda ketahui jika kesehatan kulit dan kuku  tergantung pada sistesis RNA dan DNA yang terjadi setelah memanfaatkan vitmin B kompleks. Gangguan kulit yang akan terjadi adalah dermatitis, ketombe, kulit berminyak, kulit kering, bibir pecah-pecah serta kulit keriput merupakan akibat kekurangan vitamin B kompleks.

Menurunkan kadar kolesterol

Makanan sumber vitamin B kompleks dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena vitamin ini mengandung unsur niacin yang mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Selain itu, vitamin B kompleks juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung serta penyakit stroke.

Baca juga sumber makanan yang mengandung vitamin D.