Inilah Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

By Categories : Kesehatan

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengapa tubuh membutuhkan protein? Ini karena protein berguna untuk memperbaiki dan mengembangkan jaringan tubuh yang rusak, termasuk pada bagian rambut dan juga kuku. Kata protein sendiri berasal dati kata Yunani Protos yang artinya paling utama. Lantas apa saja fungsi protein bagi tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

Inilah manfaat protein bagi tubuh manusia

Mendukung metabolisme tubuh

Yang pertama adalah berguna untuk mendukung metabolisme tubuh. Tahukah Anda bahwa metabolisme tubuh sangat membutuhkan protein dalam menjalankan prosesnya? Karena dengan adanya protein, metabolisme tubuh dapat membantu proses pencernaan, penyerapan nutrisi, pengolahan zat yang masuk ke dalam organ tubuh dapat dilakukan dengan baik. sehingga jika semua itu bekerja dengan baik tubuh akan tetap sehat dan kuat.

Memelihara sel tubuh

Kedua protein bergun untuk pemeliharaan sel tubuh. protein yang Anda konsumsi sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati. Luka akan sembuh dengan bantuan protein sebagai zat pembangun, setelah sakit protein juga sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Tentu saja makanan berprotein sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat membuat ibu hamil tetap sehat sepanjang kehamilan. Beberapa sumber makanan berprotein tinggi antara lain, daging, susu, telur dan lainnya.

Membantu pembentukan janin

Fungsi protein bagi tubuh manusia selanjutnya adalah berguna untuk membantu pembentukan janin. Sepanjang kehamilan, protein sangat berguna untuk membantu membangun pertumbuhan berbagai jenis organ, seperti tulang, otot, otak, sistem pernafasan hingga pembentukan tubuh. Dalam sehari ibu hamil membutuhkan 75 gram protein dalam setiap harinya. protein yang cukup selama kehamilan dapat membantu ibu memiliki bayi yang sehat dan tidak kekurangan gizi.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan otot

Berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit, rambut dan otot. protein yang Anda konsumsi dapat membantu Anda memiliki kulit yang sehat serta elastis. Tak hanya itu saja, protein juga dapat mengatasi rambut rontok serta menjaga kekuatan dan kesehatannya. Bagi anda yang ingin membentuk tubuh pasti tidak asing dengan fungsi protein dalam membangun massa otot. Pembentukan massa otot akan lebih mudah jika dibarengi dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang tepat. Protein juga sangat dibutuhka bagi tumbuh kembang anak-anak.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sama seperti fungsi vitamin C, protein juga memiliki fungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Benda-benda asing yang masuk kedalam sistem tubuh yang berpotensi membahayakan akan diserang oleh antibodi yang dibuat dari protein. Sistem antibodi akan mendeteksi alergen, virus, bakteri dan melumpuhkannya untuk selanjutnya di basmi oleh sel darah putih. Dan tentunya hal ini dapat membuatĀ  tubuh lebih sehat. Protein juga dapat meningkatkan kemampuan sistem saraf.

Meningkatkan energi

Selanjutnya adalah dapat meningkatkan energi. Asupan protein dalam jumlah yang tepat dapat membuat tubuh memiliki energi yang dapat mendukung berbagai macam aktivitas harian. Oleh karena itu, salah satu menu sarapan yang baik adalah makanan yang kaya akan protein. selain itu, protein juga memiliki peranan penting dapat mengembangkan daya ingat, memori dan lainnya.

Enzim

Salah satu zat yang dibuat dari protein adalah enzim. Enzim sering disebut katalis karena fungsi enzim untuk mempercepat suatu proses kimia dalam tubuh misalnya di sistem pencernaan ataupun di tingkat sel. Contoh enzim adalah pepsin dan laktosa, pepsin membantu dalam pemecahan protein dalam makanan sedangkan laktosa membantu proses pemecahan gula di susu

Formasi DNA

DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) molekul biologis yang menyimpan informasi dan instruksi-insruksi genetika mahluk hidup dibuat terutama dari protein dan karbohidrat. Begitu pentingnya DNA ini karena fungsinya memberikan instruksi perkembangan, pertumbuhan dan fungsi dari organisme dan virus.

Makanan yang mengandung protein tinggi

  • Telur, sumber protein ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dibanding sumber protein lain. Dalam satu butir telur mengandung 7 gram protein dan 2 gram lemak jenuh.
  • Tenderloin ayam, tenderloin pada ayam memiliki berat kurang lebih 1/2 hingga 2 ons. sehingga dapat mempermudah mengontrol porsi.
  • Dada ayam, potongan dada ayam memilik kadar lemak yang rendah dan sangat cocok untuk menu makan siang yang sehat karena rendah kolesterol.
  • Sirloin, ini merupakan daging belakang pada sapi. Sirloin hampir tidak mengandung lemak dan sering digunakan untuk membuat steak
  • ikan segar, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Jenis ikan seperti salmon dan tuna memiliki kandungan lemak omega 3 yang baik untuk tubuh.

Nah itulah beberapa fungsi protein bagi tubuh manusia. Selain itu, protein juga berguna untuk mempercepat reaksi biologis, menangkal radikal bebas dan zat asing dan lainnya. Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup bersama dengan zat-zat penting lainnya seperti karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak baik dapat menjaga kesehatan tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit