Inilah Daftar Hewan Endemik Sulawesi

By Categories : Umum

Jika kemarin sudah membahas tentang hewan endemik di Indonesia yang dilindungi, kali ini akan membahas mengenai hewan endemik Sulawesi. Seperti yang kita ketahui hewan endemik di Sulawesi merupakan hewan yang berasal dari Sulawesi itu sendiri. Umumnya ada begitu banyak satwa endemik yang terdapat di dalam pulau ini. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar endemik Sulawesi.

EPSON scanner Image

Mengenal beberapa fauna endemik Sulawesi

Anoa

Yang pertama adalah anoa. Anoa merupakan satwa endemik yang paling terkenal di Sulawesi. Anoa juga merupakan salah satu hewan endemik di Indonesia yang dilindungi. Ada dua spesies anoa, yaitu Anoa Pegunungan (Bubalus quaelesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bulbalus depressicornis). Bentuk  mereka mirip dengan sapi, maka jangan heran jika kebanyakan orang menyebutnya dengan sapi hutan.

Tarsius

Tarsius atau binatang hantu atau kera hantu atau juga yang sering disebut dengan monyet hantu adalah suatu jenis primata kecil. Hewan yang memiliki nama latin Tarsius tarsier ini hidup di hutan-hutan yang ada di Sulawesi utara hingga Sulawesi selatan. Nama Tarsius sendiri diambil karena ciri fisik tubuh mereka yang istimewa, yaitu tulang tarsal yang memanjang yang membentuk pergelangan kaki mereka sehingga dapat melompat sejauh 3 meter dari satu pohon ke pohon lainnya.

Burung Maleo

Hewan endemik sulawesi selanjutnya adalah burung maleo. Keunikan dari hewan yang memiliki nama latin Macrocephalon maleo ini adalah saat baru menetes anak dari burung maleo sudah bisa terbang. Hingga saat ini burung maleo pun terancam punah karena habitatnya yang semakin sempit dan telur-telurnya yang diambil oleh manusia. Hewan yang hidup di dataran rendah di Sulawesi Tengah ini jumlahnya kurang dari 10.000 ekor.

Babirusa

Umumnya binatang yang memiliki nama latin Babyrousa babirussa ini sangatlah pemalu, akan tetapi ia pun akan menjadi galak dan buas ketika diganggu. Sejak tahun 1966, babirusa telah masuk dalam kategori langka dan dilindungi oleh IUCN dan CITES. Namun hingga saat ini masih sering dijumpai perdagangan daging babirusa di Sulawesi Utara. hewan yang suka makan buah-buahan dan tumbuhan ini banyak sekali ditemukan di hutan hujan tropis, khususnya di Pulau Sulawesi, Malenge, Sula, Togian dan juga Buru.

Monyet Hitam

Monyet ini persebarannya di daerah dekat perairan di hampir seluruh Sulawesi. Ciri khas dari binatang ini adalah rambut berwarna hitam di sekujur tubuh kecuali pada punggung dan selangkangan. Tak hanya itu saja binatang yang memiliki moncong yang lebih menonjol ini juga memiliki keunikan lainnya, salah satunya yaitu warna merah pada pantatnya yang sangat mencolok. Monyet hitam memiliki nama latin Macaca nigra ini memiliki jambul yang berwarna hitam, muka tidak berambut dan berat hingga 15 kg.

Nah itulah beberapa datar hewan endemik Sulawesi.

Baca juga hewan tercepat di dunia yang hidup di darat.