Inilah Cara Merangkai Bunga Segar untuk Pemula

By Categories : Umum

Hampir setiap orang pastinya menyukai bunga. Selain lambang cinta antara sahabat ataupun kekasih, keharuman dari bunga juga dapat menenangkan hati. Jika Anda merupakan salah satu orang penyuka bunga dan memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu luang tersebut dengan belajar membuat rangkaian bunga. Namun bagi Anda yang masih belum memiliki pekerjaan, mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual rangkaian bunga yang telah dibuat.

Cara Merangkai Bunga Segar

Sampai saat ini, seni merangkai bunga banyak digemari hampir setiap orang. Selain bisa mengolah kreativitas dan ketelatenan seseorang, merangkai bunga juga bisa digunakan sebagai ladang bisnis.

Sebelum mengetahui cara merangkai bunga yang benar, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tipsnya, seperti menyiapkan dan memotong bagian bunga, memilih vas bunga yang tepat dan juga menata bunga sesuai dengan ukurannya. Jika Anda tertarik, berikut adalah cara mudah merangkai bunga segar untuk pemula.

Ingin rangkaian bunga indah? Perhatikan teknik merangkai bunga ini!

Merangkai bunga dengan teknik layering

Cara yang pertama adalah dengan merangkai bunga dengan teknik layering. Teknik layering biasa disebut dengan istilah stacking. Teknik ini merupakan berguna untuk membuat rangkaian daun terlihat menarik dengan teknik menyusun bunga mulai dari ukuran terkecil sampai ukuran terbesar. Tak hanya itu saja, agar tampilan bunga lebih menarik, teknik ini juga mengandalkan aturan warna gradasi yang sesuai dan artistik.

Merangkai bunga dengan teknik clustering

Cara yang kedua adalah dengan merangkai bunga dengan teknik clustering. Teknik clustering seringkali digunakan untuk membuat rangkaian bunga yang biasa dibawa oleh pengantin wanita. teknik ini juga berguna untuk mendapatkan rangkaian bunga yang rapat dan padat agar rangkaian bunga tersebut lebih indah karena penataannya yang sederhana dan rapat.

Merangkai bunga dengan teknik basing

Cara merangkai bunga selanjunya adalah dengan menggunakan teknik basing. Teknik basing digunakan untuk memberikan sebuah penekanan rangkaian bunga dari bagian bawah. Dengan menggunakan teknik ini diharapkan untuk mendapatkan rangkaian bunga yang serasi dan harmonis.

Merangkai bunga dengan teknik terracing

Tahukah Anda tentang konsep terasering yang ada di sawah? Konsep terracing pada rangkaian bunga juga mirip dengan konsep terasering yang ada di sawah. Cara menyusunnya pun sangat mudah yaitu mulailah dari bunga yang memiliki ukuran kecil pada bagian atas dan bunga ukuran besar pada ukuran bawah.

Merangkai bunga dengan teknik pave

Berikutnya adalah merangkai bunga dengan teknik pave. Pada teknik ini Anda bisa menggunakan bunga yang memiliki warna cantik, seperti bunga krisan, bunga mawar dan lainnya. Namun meskipun begitu, Anda juga tetap harus memperhatikan kelompok warna bunga agar tidak tercampur. Teknik pave sendiri seringkali digunakan untuk acara-acara seperti bridal shower ataupun cara lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara merangkai bunga segar untuk pemula.

Baca juga cara membuat kerajinan tangan bunga dari sedotan.