Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Korea Paling Unik

By Categories : Umum

Setiap negara pastinya memiliki kebiasaan unik dan menarik yang sering dilakukan, tak terkecuali dengan Negeri Ginseng ini. Siapa yang tidak kenal dengan Korea Selatan? Hampir setiap orang mengetahui negara yang terletak di Asia Timur yang satu ini. Selain memiliki masyarakat yang sangat cantik dan ganteng dengan kulit putih dan bersih. Korea juga memiliki beberapa lokasi yang menjadi tujuan wisata, seperti Pulau Jeju, Gunung Sorak, Pulau Nami dan masih banyak lagi tempat wisata menarik di Korea Selatan.

Memakan sup rumput laut saat berulang tahun

Namun tak hanya itu saja yang menarik di Korea Selatan, masyarakat Korea juga memiliki kebiasaan unik dan menarik yang menjadi ciri khas dari negara ini. Pastinya Anda penasaran kan apa saja kebiasaan orang  Korea? untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Kebiasaan  unik dan menarik masyarakat Korea

Memakan sup rumput laut saat berulang tahun

Sup rumput laut (miyeokguk) merupakan salah hidangan wajib bagi seseorang yang sedang berulang tahun. Namun tak hanya itu saja sup rumput laut juga merupakan hidangan utama bagi wanita yang baru saja melahirkan. Hal ini dikarenakan sup rumput laut memiliki kandungan gizi yang sangat baik, seperti serat, omega, kalsium, yodium, vitamin B1 dan B3.  Dan memakan sup rumput laut saat berulang tahun memiliki arti untuk mengingat kerja keras ibu dalam melahirkan dan membesarkan anaknya.

Makan ramen dengan menggunakan panci

Kebiasaan unik masyarakat Korea yang kedua adalah makan ramen dengan menggunakan panci. Bagi Anda pecinta drama Korea pastinya seringkali melihatnya di setiap drama tersebut. Menyantap ramen langsung menggunakan panci berguna agar menjaga panas dari ramen tersebut.

Memakan tofu saat keluar penjara

Kebiasaan orang Korea selanjutnya adalah mamakan tofu atau tahu saat keluar penjara. Sama seperti ketika makan ramen, memakan tofu ketika keluar dari penjara merupakan kebiasaan unik masyarakat Korea yang dapat dilihat dalam beberapa drama Korea, salah satunya yaitu Its Okey Thats Love dan juga Secret Love. Masyarakat Korea percaya bahwa selama di penjara orang yang ditahan tersebut gizinya kurang terpenuhi. Sehingga untuk menunjang kekurangan gizi tersebut ia memberikan tahu. Tak hanya itu saja tahu yang memiliki warna putih juga memiliki filosofi bahwa membersihkan diri dari kejahatan.

Menusuk jempol dengan jarum

Berikutnya adalah menusuk jempol dengan jarum menggunakan teknik akupuntur asal Korea. Hal ini berguna untuk mengatasi makanan yang tidak tercerna atau makanan yang masih terjebak di kerongkongan karena melahap makanan terlalu cepat.

Minum soju hingga mabuk

Soju merupakan minuman dari Korea yang berasal dari fermentasi beras yang sangat memabukkan. Ketika sedang berduka ataupun putus cinta masyarakat Korea seringkali meminum soju agar mereka dapat meluapkan rasa sedih. Selain itu minuman beralkohol tersebut juga digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada teman atau tamu. Minuman beralkohol merupakan hal biasa di negeri ini, baik untuk seorang pria maupun wanita. Jika Anda berada di Korea kemudian mengalami hal tersebut maka Anda tidak boleh langsung menolaknya. Anda dapat menerima minuman tersebut kemudian meletakannya dan memesan minuman lain.

Ondol

Ondol merupakan sistem pemanas tradisional dari Korea yang memanfaatkan batu besar yang diletakkan di lantai ruangan kemudian dialiri udara panas sehingga dapat menyebabkan lantai tersebut hangat. Sistem ini sudah ada sejak zaman kerajaan Goguryeo dan budaya ini yang menyebabkan kebanyakan orang Korea senang duduk atau tidur dilantai dari pada di kursi atau tempat tidur. Namun saat ini ondol yang awalnya menggunakan batu sekarang digantikan dengan pipa yang diletakkan di bawah lantai dan dialiri air panas.

Kimchi

Makanan khas Korea ini terbuat dari kubis yang difermentasikan dengan cabai merah. Rasa yang dihasilkan dari fermentasi tersebut adalah rasa pedas dan sedikit asam. Hampir semua orang Korea menyukai makanan ini dan merupakan makanan wajib yang harus selalu ada. Menurut orang Korea, kimchi memiliki makna simbolis yang cukup kuat, menantang dan memiliki khas. Bagi orang asing mungkin susah untuk menikmati makanan ini, namun bagi orang Korea sendiri kimchi memiliki banyak filosofi.

Jimjibang atau pemandian sauna di Korea

Ini merupakan tempat sauna paling terkenal di Korea Selatan. Dalam melakukan aktivitas ini orang Korea mengenakan kaos oblong dan celana katun kemudian masuk ke ruangan yang berisi ruangan berbatu yang dapat mengeluarkan panas. Di Korea terdapat jimjibang yang memiliki berbagai macam sarana untuk memanjakan diri seperti ruang pijat, kafetaria, pusat kebugaran, salon kecantikan. Tempat tersebut biasanya buka satu hari penuh. Jimjibang merupakan tempat yang terkenal oleh semua kalangan, mulai dari orang tua, keluarga, hingga pasangan muda.

Nah itulah beberapa kebiasaan orang Korea paling unik dan menarik.

Baca juga fakta menarik operasi plastik di Korea.

terms: tradisi keluar penjara orang korea, dalam drama korea ketika keluar dari penjara kenapa selalu makan tahu, kenapa di korea orang yang baru keluar penjara makan tahu mentah, kenapa kalo keluar dari penjara makan tahu, kenapa orang korea makan banyak