Inilah Bahaya Mengonsumsi Durian untuk Ibu Hamil

By Categories : Kesehatan

Sama seperti buah lainnya, buah durian merupakan salah satu buah yang memiliki rasa enak dan disukai oleh masyarakat. Meskipun memiliki bau yang menyengat, buah yang berwarna kuning ketika matang ini memiliki citarasa tersendiri  jika dibandingkan dengan buah lainnya. Lantas bagaimana dengan ibu hamil? Apakah wanita ibu hamil dapat mengonsumsi buah durian? Hingga saat ini mengonsumsi buah durian ketika hamil masih menjadi hal yang masih diperdebatkan.

Inilah Bahaya Mengonsumsi Durian untuk Ibu Hamil

Ada yang bilang bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi durian dengan jumlah yang wajar, akan tetapi ada pula yang menganggap mengonsumsi durian saat hamil benar-benar tidak disarankan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah bahaya mengonsumsi durian untuk ibu hamil yang harus diketahui.

Bahaya durian bagi ibu hamil yang perlu diketahui

Menyebabkan keguguran

Tahukah Anda bahwa durian merupakan salah satu makanan penyebab keguguran? Hal ini dikarenakan buah durian memiliki kandungan alkohol dan ketika dikonsumsi kandungan tersebut dapat menimbulkan rasa panas pada rahim. Janin yang ada di dalam rahim tidak bisa bertahan dengan suhu tubuh yang panas, dan hal inilah yang menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Bayi lahir prematur

Setiap ibu hamil pastinya berharap bayinya lahir dengan normal dan tidak mengalami kelainan. Akan tetapi durian yang Anda konsumsi pun dapat menyebabkan bayi lahir prematur. seperti yang Anda ketahui perkembangan bayi prematur tidak seperti bayi normal lainnya, mulai dari fungsi organ,  berat badan kurang dan bahkan peluang hidupnya pun sedikit.

Mengalami diabetes

Bahaya durian untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes. Ini karena durian kaya akan glukosa yang dapat melonjakkan kadar gula dalam darah. tentu saja penyakit yang stu ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena diabetes dapat memicu komplikasi kehamilan ataupun pada saat persalinan. Jika sudah mengetahui beberapa gejala awal diabetes sebaiknya ibu selalu kontrol kehamilan dan mengecek kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Menyebabkan kontraksi

Berikutnya adalah dapat menyebabkan kontaksi perut. Penyebab kontraksi perut ketika mengonsumsi buah durian adalah asam arachidonat. Senyawa itulah yang merangsang pembentukan prostaglandin, untuk menyebabkan kontraksi. Seperti yang Anda ketahui, kontraksi merupakan salah satu tanda ibu akan melahirkan. Akan tetapi jika Anda mengalami kontaksi ketika belum saatnya melahirkan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Mengalami hipertensi

Durian juga dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam kehamilan. Ini karena durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. sedangkan penyempitan pembuluh darah yang terjadi dapat mengakibatkan hipertensi yang dapat memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Nah itulah beberapa bahaya buah durian untuk ibu hamil yang perlu diketahui.