Inilah 5 Kuliner di Surabaya yang Terkenal Wajib Dicoba

By Categories : Makanan

Surabaya merupakan provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai tempat wisata, dan wisata kulinernya. Bagi para pecinta kuliner, Surabaya merupakan kota yang memiliki aneka raga kuliner. Ketika mengunjungi kota Pahlawan tersebut, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba beberapa kuliner khasnya. Apalagi sebagai masyarakat Indonesia, harus berbangga dengan Indonesia yang kaya makanan khas dengan cita rasa yang berasal dari berbagai daerah. Pada kesempatan kali ini mengajak Anda untuk mengetahui beberapa kuliner di Surabaya yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke sana.  Langsung saja, berikut adalah kuliner di Surabaya yang terkenal dan wajib untuk dicoba.

Inilah 5 Kuliner di Surabaya yang Terkenal Wajib Dicoba

Berikut 5 Kuliner di Surabaya yang Terkenal

Lontong Kupang

Sajian lontong yang menjadi ciri khas dari Surabaya adalah lontong kupang. Kuliner ini kini sudah banyak ditemukan di kawasan sekitar pantai di Surabaya. Yang membedakan kuliner lontong kupang, dengan kuliner lontong lainnya adalah dicampur dengan sejenis tiram atau kerang kecil. Selain itu lontong kupang juga dicampur dengan cabai yang bisa disesuaikan dengan selera pembeli. Kuliner yang satu ini wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke kota Surabaya.

Lontong Balap

Kuliner di Surabaya yang terkenal selanjutnya adalah Lontong balap. Makanan ini merupakan kuliner khas Surabaya yang sering dijadikan ikon dari kota tersebut. Kuliner ini paling sering diburu oleh wisatawan yang datang ke Surabaya. Hidangan kuliner ini terdiri dari lontong, tahu, toge, dan perkedel yang disiram dengan kuah. Kebanyakan orang biasanya menyajikan masakan ini dengan sate kerang.

Rujak Cingur

Rujak yang satu ini jelas berbeda dengan rujak pada umumnya. Rujak asal Surabaya ini menggunakan cingur yang dalam arti adalah mulut. Adapun hidung yang digunakan biasanya mulut dari sapi atau kerbau. Meskipun aneh, pada kenyataannya makanan yang satu ini banyak dicari dan diminati. Rasanya yang khas menjadikan rujak cingur wajib dicoba. Bahan yang digunakan untuk rujak cingur di antaranya seperti kecambah, kangkung, kacang panjang, serta bumbu untuk melengkapinya yang berbahan petis, gula merah, cabai, serta rempah lainnya. Rujak cingur menjadi makanan wajib dicoba ketika mengunjungi kota Surabaya.

Tahu Tek-Tek

Tidak kalah lezat dengan makanan kuliner asal Surabaya di atas, tahu tek-tek menjadi kuliner yang wajib dicoba. Untuk menyajikannya, biasanya tahu tek tek dikombinasikan dengan menggunakan bumbu petis, taoge, serta kerupuk. Untuk menambah cita rasa dari tahu tek tek bisa ditambahkan telur dadar ke dalam hidangannya.

Sate Klopo

Kuliner di Surabaya yang terkenal yang terakhir adalah sate klepo. Mungkin Anda yang berasal dari luar belum pernah mengonsumsi kuliner yang satu ini. Sate klopo merupakan sate andalan dari kota Surabaya yang tidak kalah lezatnya dari sate Madura, maupun sate lainnya. Sate klopo terbuat dari daging sapi yang dipisahkan dari ototnya, sehingga akan lunak ketika dibakar. Yang unik dari sate ini adalah campuran parutan kelapa ketika sebelum dibakar. Untuk menyajikannya sate klopo sudah ada bumbu kacang, taburan serundeng, dan bisa menggunakan lontong atau nasi sebagai pelengkapnya.

Demikianlah tadi ulasan mengenai 5 kuliner di Surabaya yang terkenal wajib dicoba.