Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal? Perhatikan Hal Ini!

By Categories : Kesehatan

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang sehat, cerdas serta tumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu cara meningkatkan IQ dan tumbuh kembang balita yang biasa dilakukan para orang tua adalah dengan cara memenuhi asupan nutrisi dan makanan. Namun tahukah Anda bahwa nutrisi saja tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang anak. Untuk mendukung pertumbuhan memang nutrisi diperlukan, akan tetapi untuk perkembangan ada beberapa hal yang tetap harus dipantai oleh orang tua. Hal ini dikarenakan perkembangan merupakan fase kematangan fungsi organ tubuh.

Tumbuh Kembang Balita Optimal

Beberapa psikologi perkembangan anak yang perlu dipantau oleh para orang tua ada tiga hal, yaitu perkembangan motorik, komunikasi dan juga stimulasi. Kata dr Trisna Desmiati, SpKFR, M.Kes ketiga hal tersebut harus diperhatikan oleh orang tua untuk membantu si kecil agar tumbuh kembang anak lebih optimal.

Hal yang perlu diperhatikan agar tumbuh kembang balita optimal

Perkembangan motorik

Yang pertama adalah perkembangan motorik. Perkembangan motorik itu sendiri ada tiga tahapan, yaitu motorik kasar, motorik halus dan oromotor. Perkembangan motorik kasar diantaranya adalah duduk, berjalan dan berguling. Untuk perkembangan motorik halus adalah keterampilan anak untuk melepaskan, menggenggam dan memanipulasi benda. Tentunya hal tersebut memiliki tujuan. Yaitu anak ingin tahu semua itu. Sedangkan perkembangan oromotor terjadi di mulut, seperti menelan, berbicara dan juga makan. Pada tahap ini peran orang tua harus jeli dan jika perlu para orang tua harus rutin mengecek tinggi badan, otot dan pertambahan berat badan pada dokter.

Perkembangan komunikasi

Yang kedua adalah perkembangan komunikasi. Perkembangan komunikasi juga sangat penting untuk diperhatikan. karena tahap ini termasuk interaktif memberi dan menerima informasi yang menjadi dasar untuk perkembangan sosial emosional pada anak. Pada tahap perkembangan komunikasi orang tua harus bisa melihat kemampuan anak sejauh mana ia dapat menyesuaikan diri serta bagaimana cara mereka mengembangkan tingkah lakunya terhadap lingkungan.

Perkembangan komunikasi juga termasuk proses yang kompleks. Hal ini karena perkembangan komunikasi melibatkan  panca indra visual, taktil, gustatori, olfaktori serta auditori. Jika salah satu panca indera tidak berfungsi tensu saja hal ini dapat menghambat perkembangan komunikasi.

Pada tahapan ini para orang tua harus selalu mengawasi perkembangannya. Karena kemampuan komukasi  merupakan sebuah media utama seseorang untuk mengekspresikan dirinya. Bahkan hal yang abstrak sekalipun akan bisa diterjemahkan dengan menggunakan kata-kata. Sehingga apa yang ia maksud dapat dipahami oleh orang-orang sekitar.

Namun tak hanya itu saja untuk mendukung tumbuh kembang balita. Perkembangan pola jalan anak juga harus diperhatikan oleh para orang tua. Biasanya, anak-anak bisa berjalan pada usia 9 bulan setengah ataupun pada usia 13 bulan. Sehingga peran orang tua sangatlah berpengaruh  untuk memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan tumbuh kembang balita.