Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Softlens

By Categories : Wanita

Softlens atau lensa kontak digunakan untuk mempercantik penampilan. Selain untuk urusan penampilan softlens digunakan untuk membantu penglihatan seseorang yang menggunakannya. Kebanyakan yang menggunakan softlens adalah kaum hawa, meskipun pria juga menggunakannya. Bagi wanita yang menggunakan softlens akan menambah rasa percaya diri, terlebih lagi jika berada di depan umum.lensa

Namun seiring dengan penggunaan softlens, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan softlens agar mata tetap sehat dan terhindar dari bahaya. Untuk itu agar Anda mengetahuinya apa saja hal yang perlu diperhatikan? Yuk silahkan simak pembahasannya di bawah ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Softlens

Memeriksakan Kondisi Mata

Sebelum Anda memutuskan untuk beralih menggunakan softlens, ada baiknya jika Anda memeriksakan mata Anda ke dokter dahulu. Hal ini bertujuan apakah Anda perlu menggunakan softlens atau tidak, mengingat tidak semua orang cocok menggunakan lensa kontak. Untuk meminimalisir resiko bahaya yang terjadi sebaiknya ide yang paling baik adalah memeriksakan melalui dokter spesialis mata.

Memperhatikan Kualitas dari Softlens

Kini semakin banyak softlens dengan beragam harga beredar di pasaran yang membuat kebanyakan orang lebih mudah untuk memilih. Dalam memilih softlens sebaiknya Anda perlu memperhatikan dan mengetahui kualitas softlens yang akan Anda beli. Usahakan pilih softlens dengan kualitas yang baik, meskipun harganya cukup mahal. Softlens dengan kualitas baik aman untuk digunakan.  Hal ini juga dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan mata. Jangan ragu untuk mencari tahu dari orang yang menggunakan softlens, dan pilih toko terpercaya dan aman yang menjual softlens.

Selalu Memperhatikan Kebersihan dari Softlens

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan softlens berikutnya adalah menjaga kebersihan dari softlens tersebut. Dapat dibilang kebersihan menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan softlens. Sebelum Anda melepas atau menggunakan softlens sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antibakteri. Selain itu pastikan kuku Anda bersih dan tidak panjang. Setelah itu jangan lupa rendam softlens dengan menggunakan air yang sudah dikhususkan untuk softlens agar bersih.

Memperhatikan Batas Penggunaan Softlens

Setiap barang tentu memiliki masanya tersendiri sampai dengan batas digunakan. Sama halnya dengan softlens, softlens memiliki batas kadaluarsa saat digunakan. Secara umum batas penggunaan softlens adalah rentan waktu 6 sampai dengan 12 bulan. Untuk itu juga sudah kadaluarsa sebaiknya langsung menggantinya dan jangan gunakan softlens lebih dari 8 jam. Pemakaian yang lama dapat menyebabkan mata menjadi kurang nyaman.

Lepaskan Terlebih Dahulu Saat Hendak Tidur dan Berenang

Saat hendak tidur ataupun berenang sebaiknya Anda melepas terlebih dahulu dengan memastikan tangan sudah dalam keadaan bersih. Air pada kolam renang tentu tidak baik untuk kebersihan softlens sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu. Sedangkan pada saat tidur harus dilepaskan, karena penggunaan yang terlalu lama digunakan dapat menambah resiko bakteri berkembang pada softlens.

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan softlens atau lensa kontak agar mata lebih terjaga kesehatannya. Namun Anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan menggunakan softlens. Ternyata menggunakan softlens memiliki dampak negatif untuk kesehatan mata. Berikut beberapa dampak negatif menggunakan softlens.

Iritasi

Dampak negatif menggunakan lensa kontak yang pertama adalah terjadi iritasi. Iritasi pada mata terjadi akibat debu serta kebersihan lensa kontak yang tidak terjaga dengan baik. Anda disarankan untuk mencuci kontak agar tetap steril. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tetes mata khusus lensa kontak.

Infeksi kornea

dampak negatif selanjutnya adalah terjadi infeksi pada kornea mata. Infeksi bakteri dan jamur dapat terjadi kondisi lensa kontak yang tidak baik. Hal ini dapat menyebabkan alergi pada mata dan kemudian menjadi infeksi. untuk menghindari hal tersebut Anda disarankan untuk sering-sering mencuci ensa kontak untuk mengurangi terkena infeksi kornea.

Hypoxia

Yang selanjutnya adalah dapat terkena hypoxia. Kondisi ini dimana ukuran softlens bisa terlalu longgar atau kecil. Sebelum Anda memilih menggunakan softlens, Anda harus mengetahui kadar air pada mata. Jika Anda memiliki mata dengan kadar air yang cukup banyak, Anda dapat memilih softlens dengan kadar air sedikit.

Softlens koyok

Hal ini terjadi karena orang menggunakan softlens saat tidur sehingga softlens kekuarang oksigen dan bergerak-gerak di dalam mata. Untuk itu, Anda disarankan untuk melepas mata saat tidur.

Penyakit edema

Kondisi ini terjadi saat mata kelebihan cairan. Ciri-ciri terkena penyakit edema adalah mata berair dan memerah. Penyakit disebabkan karena mata kekurangan oksigen  serta kelelahan sehingga dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur. Untuk itu hindari penggunaan lensa kontak agar mata cukup mendapatkan oksigen.

Penyakit blepharitis

Penyakit ini mirip dengan peradangan kelopak mata. Ini dikarenakan terjadi ketidakcocokan antara karakter mata dan lensa kontak. Gejalanya adalah  timbul kerak pada kelopak mata.

Baca juga artikel terkait mengenai Makanan untuk kesehatan mata.

terms: yang perlu di hindari dalam penggunaan sofhlan, hal hal yang dihindari saat memakai soflens, hal hal yang harus diperhatikan saat menggunakan softlens, hal hal yg harus diperhatikan saat menggunakan soft lens, hal yang harus dihindari ketika menggunakan softlens