Gunung Gamalama Kembali Meletus, Ternate Hujan Abu Vulkanik

By Categories : Berita

Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), pada Kamis malam, pukul 21.41 WIT meletus dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 200 meter dari puncak itu. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane ketika dihubungi, Kamis malam mengatakan, setelah letusan pertama pukul 21.41 wit tersebut diikuti lagi dengan letusan kedua pukul 22.45 WIT dengan ketinggian semburan abu vulkanik 200 meter.

 

Hujan abu vulkanik yang diduga akibat meletusnya gunung Gamalama di Maluku Utara, mengguyur kota Ternate. Sebagian wilayah pesisir barat pulau Ternate yakni kecamatan Ternate Tengah hingga Selatan, digujur hujan abu yang cukup deras. Abu vulkanik yang disemburkan gunung api setinggi 1.700 meter lebih dari permukaan laut itu menyebar ke sejumlah wilayah di Kota Ternate, seperti di Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Selatan, Ternate Tengah dan Ternate Utara.

 

Dua pendaki Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) dilaporkan masih tersesat pasca-meletusnya Gunung Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), pada Kamis (18/12/2014) malam. “Dari informasi yang kami terima dari mahasiswa Mapala yang selamat, memang ada dua mahasiswa yang sampai saat ini masih tersesat di sekitar Gunung Gamalama,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Sutopo Abdullah di Ternate, Jumat (19/12/2014).

 

Mengenai kesiapan Pemkot Ternate menghadapi bencana gunung meletus ini, Sutopo menyatakan, Wali Kota Ternate telah menginstruksikan kepada instansi terkait, seperti Dinas Nakersos, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan BPBD untuk siaga menghadapi bencana Gunung Gamalama.