Fungsi Zat Besi Dalam Tubuh Bagi Kesehatan

By Categories : Kesehatan

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai makanan yang banyak mengandung zat besi, maka tidak lengkap jika tidak tahu fungsi zat besi dalam tubuh itu sendiri. Zat bei itu sendiri merupakan suatu zat dalam tubuh manusia yang memiliki kaitan erat dengan ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Kebutuhan kandungan zat besi sendiri semua tergantung dari jenis kelamin dan umur seseorang. Kecukupan zat besi dalam tubuh bagi seseorang yang masih berusia 6 sampai 12 tahun 7, 8 gram per hari bagi laki-laki, sedangkan untuk wanita adalah 4-7 gram per hari.

Fungsi Zat Besi Dalam Tubuh Bagi Kesehatan

Dan untuk sesorang yang berusia di atas 12 tahun, kecukupan zat besi untuk laki-laki sejumlah 8-9 gram per hari dan untuk wanita 4 gram per hari. Angka kecukupa zat besi ini sendiri ditrntukan  berdasarkan ketersediaan hayati atau bioavailability yang secara besar dapat bersumber dari hayati 20-30% dan nabati berkisar 15%. nah itulah klasifikasi kebutuhan zat besi dalam tubuh manusia. Lantas apa fungsi zat besi dalam tubuh itu sendiri? Berikut ini akan kami jelaskan beberapa fungsi zat besi dalam tubuh bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut!

Inilah Fungsi Zat Besi dalam Tubuh Bagi Kesehatan

Pembentukan  Hemoglobin (Hb)

Ini merupakan fungsi zat besi dalam tubuh yaitu pembentukan hemoglobin (Hb). Hemoglobin adalah berperan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan memberikan warna merah pada oritrosit ( sel darah merah ).selain itu hemoglobin sendiri juga memiliki peranan penting dan harus selalu diproduksi oleh tubuh. Karena manusia memiliki kecenderungan mengalami kekurangan darah melalui berbagai sebab diantaranya karena hancurnya sel darah merah, pendarahan akibat luka dan akibat lainnya. Nah jika dalam kondisi seperti ini seseorang memiliki kekurangan zat besi dalam tubuh, maka dapat menyebabkan penyakit anemia difensiasi besi atau penyakit kurang darah.

Mengatur Suhu dalam Tubuh

Manfaat dan fungsi zat besi dalam tubuh yang kedua adalah berfungsi untuk mengatur suhu dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat besi adalah fasilitator dalam mengatur suhu dalam tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap dalam kondisi stabil. Dengan begitu hal ini dapat bermanfaat dalam proses enzimatik dan metabolisme berkerja secara optimal.

Menjaga Kesehatan Otak dan Otot

fungsi zat besi dalam tubuh bagi kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan otak dan otot. Peningkatan perkembangan dalam otak juga dipengaruhi oleh asupan zat ebsi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat besi membantu pasokan oksigen dalam darah yang sangat dibutuhkan oleh otak. Maka dengan demikian zat besi secara tidak langsung memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otak. Tapi bukan hanya itu saja, zat besi juga memiliki fungsi sama pentingnya untuk menjaga kesehatan otot yang merupakan unsur penting pada otot yang berupa mioglobin.

Berikut Sumber Zat Besi yang Bagi untuk Tubuh

  • Ikan. Jenis ikan yang merupakan sumber zat besi adalah ikan laut. Ikan laut mengandung sumber omega 3  dan omega 6. Selain itu, dalam 100 gram ikan laut juga mengandung 3.8 mg zat besi.
  • Telur. Telur memiliki kandungan mineral dan vitamin B yang baik untuk tubuh. Telur cocok digunakan sebagai menu sarapan pagi. Hal ini karena telur banyak mengandung zat besi. Zat besi dalam telur sangat baik sebagai tahap awal pembentukan hemoglobin di pagi hari.
  • Daging sapi. Dalam 100 gram daging sapi mengandung sekitar 2.8 mg zat besi. Selain itu setiap 100 gram daging sapi juga mengandung 21 kkal dan 14 gram lemak. Namun perlu Anda ketahui jika daging sapi tidak bisa dikonsumsi sebagai menu harian. Ini karena daging sapi mampu mempercepat penumpukan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat beresiko terkena obesitas.
  • Jeruk. Selain banyak mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung zat besi yang tepat sebagai pembentukan hemoglobin dalam tubuh.
  • Aprikot. Buah ini memang cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini karena buah aprikot jarang dibudidayakan di dalam negeri. Namun begitu, buah ini memiliki banyak kandungan zat besi. Fungsi zat besi tersebut sangat baik untuk tubuh.
  • Prune. Dalam satu cangkir jus prune mengandung 3 mg zat besi. Buah prune juga jauh lebih baik dibandingkan apel dan pepaya sebagai sumber zat besi. Buah ini memiliki warna yang mirip dengan anggur dan juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi.
  • Bit hijau. Buah ini mengandung zat besi yang mampu membantu proses pembentukan darah. Selain itu, bit hijau juga mengandung vitamin A dan B3.
  • Bayam. Sayuran yang satu ini selain mengandung vitamin A dan vitamin K, bayam juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bayam mengandung 3.5 mg zat besi.
  • Kentang. Berdasarkan studi yang dilakukan di beberapa negara berkembang, kentang ternyata memiliki kandungan zat besi yang baik untuk tubuh. Fungsi zat besi tersebut di dapat dari olahan kentang yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Baca juga artikel terkait lainnya Penyebab dan Penanganan Anemia pada Anak.