Fakta Piala Jenderal Sudirman 2015

By Categories : Umum

Sepakbola merupakan salah satu olahraga paling populer di Indonesia. Ini terbukti dari banyaknya klub sepakbola di setiap daerah di Indonesia. Selain itu, antusias supporternya juga tidak mau kalah.  Hampir semua kalangan menyukai sepakbola, terlebih jika klub yang ditonton adalah berasal dari daerah tempat tinggalnya. Saat ini tengah digelar kompetisi sepakbola di Indonesia yaitu Piala Jenderal Sudirman. Kompetisi ini digagas oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan diikuti oleh beberapa klup di seluruh Indonesia. Setelah menjalani babak penyisihan di tiga kota, yaitu Bali, Suraba, dan Malang. Terdapat 15 klub yang dapat melanjutkan ke babak berikutnya di kompetisi Piala Jenderal Sudirman.

Ada sejumlah fakta menarik tentang kompetisi yang sedang berlangsung ini. Berikut sejumlah fakta tersebut.

Fakta Piala Jenderal Sudirman

  1. Piala Jenderal Sudirman digagas oleh Panglima TNI dan Mahaka Sports and Entertainment untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November yang lalu. Dalam pembukaannya akan diisi oleh musisi tanah air seperti Slank dan Kotak.
  2. Dalam turnamen ini akan ada peraturan baru dan berbeda dengan turnamen yang lainnya. Dalam peraturan tersebut disebutkan jika pemain atau pihak klub dilarang mengintimidasi wasit atau mencela wasit. Jika terjadi kontak fisik maka bihak yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi sebesar Rp 100 juta. Sedangkjika terjadi adu mulut dengan wasit pihak yang bersangkutan harus membayar Rp 50 juta.Piala Jenderal Sudirman 2015
  3. Turnamen Piala Jenderal menerapkan aturan hasil imbang. Yaitu jika ada dua tim bermain imam selama 90 menit maka akan dilanjutkan dengan ke babak pinalti.
  4. Tim yang menjuarai turnamen ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 2,5 miliar dan runner up akan mendapatkan sebesar Rp 1,5 miliar. Untuk juara tiga dan empat mendapatkan Rp 500 juta. Walaupun turnamen ini diselenggarakan oleh TNI, tetapi semua anggaran termasuk hadiah untuk pemenang tidak menggunakan uang negara.pihak Mahaka menyebutkan jika semua anggaran berasal dari sponsor.
  5. Dalam turnamen Piala Jenderal Sudirman, tim peserta yang menang dalam waktu normal akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 125 juta. Dan yang kalah dalam waktu normal akan mendapatkan hadiah Rp 75 juta. Sedangkan tim yang menang lewat adu pinalti mendapat  hadiah sebesar Rp 110 juta dan yang kalah Rp 90 juta.
  6. Pihak Mahaka Sports and Entertainment akan menetapkan hadiah sebesar Rp 100 juta bagi suporter terbaik dalam turnamen tersebut.
  7. Jika terdapat tim yang mengundurkan diri di tengah pertandingan maupun turnamen maka akan mendapatkan denda sebesar Rp 500 juta.
  8. Saat jalannya pertandingan, hanya pelatih tim yang boleh mengajukan protes. Jika bukan pelatih atau oknum maka akan didenda Rp 5 juta per aksi.
  9. Dalam setiap pertandingan di turnamen Piala Jenderal Sudirman, setiap klub wajib menurunkan peman U-21 sebagai starter.
  10. Final Piala Jenderal Sudirman akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno.