Fakta Dibalik Bos Facebook, Mark Zuckerberg

By Categories : Umum

Hampir setiap orang saat ini menggunakan Facebook untuk keperluan komunikasi atau promosi. Jejaring sosial terbesar di dunia ini didirikan oleh Mark Zuckerberg. Ia merupakan salah satu miliarder muda dan sangat populer. Di usianya yang terbilang masih muda yakni 30 tahun, Mark Zuckerberg masuk dalam daftar orang terkaya di dunia dengan pendapatan sebesar USD 10,5 miliar sejak 2014. Saat ini diperkirakan kekayaan Mark mencapai USD 12,4 miliar.

Namun dibalik kesuksesannya itu, Mark merupakan konglomerat yang sangat sederhana. Dalam setiap kegiatan sehari-hari dikantornya, Mark selalu menggunakan kaos yang sama. Tak hanya itu, untuk seorang miliarder, saat ini Mark memilih mengendarai mobil seharga Rp 360 juta. Sebenarnya masih banyak fakta dibalik bos Facebook yang jarang orang ketahui. Ingin tahu lebih jauh? Simak ulasan berikut.

Fakta Dibalik Bos Facebook, Mark Zuckerberg

Fakta menarik dibalik bos Facebook

  • Sebelum Facebook, Mark pernah menciptakan program Course Match, yaitu aplikasi untuk membantu siswa agar dapat memilih kelas yang sama dengan teman lainnya yang sudah mendaftar.
  • Selain Course Mark Zuckerberg juga pernah membuat program Facemeash. Program ini untuk mencari tahu orang yang paling menarik di kampus. Namun pada saat itu program ini dihentikan oleh pihak kampus karena kurang pantas.
  • Domain Facemash.com dijual dengan harga Rp 400 juta pada tahun 2010.
  • Perusahaan besar seperti Yahoo dan MTV Network pernah meminta Mark untuk menjual Facebook, ia ia menolaknya.
  • Tahun 2006 tim Havard Connection menggungat Mark lantaran dianggap mencuri konsep dan mereka meminta kompensasi. Kasus tersebut diakhiri Mark dengan memberikan 1,2 juta saham Facebook dan USD 20 juta.
  • Fakta dibalik bos Facebook lainnya adalah kisah cinta dengan Priscilla Chan. Saat itu Mark dan Priscilla bertemu dalam sebuah pesta Yahudi. Menurut Priscilla, Mark merupakan pemuda kutu buku yang berbeda dengan lainnya.
  • Mark mulai beajar bahasa China sejak 2010 agar mampu berkomunkasi dengan keluarga Priscilla Chan.
  • Warna biru yang saat ini menjadi background Facebook dipilih karena sebenarnya Mark buta warna. Menurutnya, warna biru paling mudah dideteksi oleh Mark.
  • Akun Facebook Mark zuckerberg tidak dapat diblokir oleh siapapun.
  • Sama seperti Steve Jobs, gaji Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook hanya 1 dollar.
  • Pada tahun 2010 dan 2013 ia dinobatkan sebagai ‘Person of the Year’. Selain itu ia juga menjadi CEO termuda diusinya sekarang.
  • Mark pernah menyumbangkan kekayaannya sebesar USD 100 juta untuk menolong orang yang kurang mampu. Di tahun 2014, ia juga pernah menyumbangkan USD 25 juta untuk memerangi virus ebola di Afrika Barat. Pada kesempatan yang sama Mark Zuckerberg juga menandatangani ‘Giving Pledge’ yaitu komitmen untuk menyumbangkan 50% kekayaan yang dimiliki selama hidup.

Itulah fakta dibalik bos Facebook Mark Zuckerberg yang belum banyak orang mengetahui.