Efek Samping Suntik Vitamin C

By Categories : Kesehatan

Suntik putih menjadi tren di kalangan masyarakat untuk mendapatkan kulit putih dan halus. Proses ini banyak ditempuh bagi mereka yang tidak sabar dengan menggunakan cara alami. Padahal terdapat cara memutihkan kulit secara alami. Pada umumnya suntik putih menggunakan suntikan vitamin C dengan dosis yang sudah ditentukan ke dalam tubuh.

Untuk melakukan suntik putih dapat melalui tempat perawatan kulit seperti klinik dan tempat lain. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, tergantung dengan jenis vitamin yang digunakan. Namun tahukah Anda bahwa suntik vitamin C memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahuinya simak ulasannya di bawah ini!

Efek Samping Suntik Vitamin C

Berikut Efek Samping Suntik Vitamin C

Menyebabkan Perut Kembung

Suntik vitamin C memang dapat membuat kulit lebih cerah serta memutihkan kulit. Namun suntik vitamin C memiliki efek samping dalam jangka panjang jika dilakukan secara terus menerus. Salah satu efek samping suntik vitamin C adalah dapat membuat perut kembung. Hal ini pastinya tidak baik untuk mereka yang menderita penyakit lambung seperti maag. Efek kronis jika terlalu sering suntik vitamin C adalah dapat menyebabkan kerusakan pada lambung dalam jangka waktu yang lama.

Menyebabkan Resiko Diare

Untuk jangka pendek suntik vitamin C juga menyebabkan diare bagi para penggunannya. Setiap orang belum tentu dapat merespon baik kandungan vitamin C yang disuntikkan ke dalam tubuh. Sehingga membuat resiko diare dapat menyerang siapa saja ketika mereka menyuntikkan vitamin C.

Mengurangi Pembentukan Melanin

Efek samping suntik vitamin C berikutnya adalah mengurangi pembentukan melanin. Untuk resiko ini dapat disebabkan jangka waktu panjang ketika terlalu sering suntik vitamin C. Dengan suntik vitamin C akan memberikan efek negatif bisa menghilangkan kadar tembaga yang merupakan kadar pembentuk melanin. Melain sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk jaringan pada kulit serta regenerasi sel.

Merusak Fungsi Organ Hati

Terlalu sering suntik vitamin C dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ hati. Oleh sebab itu bagi mereka memiliki masalah pada fungsi hati sebaiknya menghindari suntik putih dan mengalihkannya dengan cara alami.

Vitamin C Kurang Baik pada Ginjal

Vitamin C aman-aman saja untuk dikonsumsi oleh tubuh. Akan tetapi pemberian vitamin C berlebih sebaiknya jangan diberikan bagi mereka penderita gangguan pada ginjal. Ini disebabkan vitamin C bisa mengganggu serta beresiko pembentukan batu ginjal.

Menimbulkan Rasa Ketergantungan

Tidak semua orang yang melakukan suntik putih mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi mereka yang tidak dapat mengontrol cenderung memiliki rasa ketergantungan terhadap suntik putih. Rasa ketergantungan tersebut tentu berbahaya, karena tubuh terus ingin diberikan asupan vitamin C.

Beresiko Terjadi Kerusakan pada Kulit

Suntik vitamin C memang bertujuan untuk membuat kulit lebih bersih, putih, dan cerah. Akan tetapi suntik tersebut juga dapat menyebabkan sebaliknya. Hal ini terjadi ketika pembentukan melanin tidak sempurna yang bisa menjadikan kulit rusak.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai efek samping suntik vitamin C. Untuk membuat kulit lebih cerah dan bersih alangkah baiknya jika menggunakan cara alami seperti mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C atau mengonsumsi sayur-sayuran. Berikut beberapa makanan sumber vitamin C terbaik.

Makanan Sumber Vitamin C

Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah jeruk sekitar 50 hingga 70 mg dan mampu mencukupi kebutuhan asupan vitamin C harian Anda. Selain itu, buah jeruk juga mengandung folat serta serta yang tinggi.

Pepaya

Selain dimakan langsung, pepaya juga sering digunakan sebagai campuran es buah. Buah ini mengandung sumber vitamin C yang tinggi.  Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan vitamin B9 yang sangat baik untuk kesehatan.

Stroberi

Buah ini mengandung antioksidan tinggi dan mengandung vitamin C yang cukup besar. Jika kulit Anda ingin terlihat bersih dan sehat, makanlah buah stroberi tanpa perlu suntik vitamin C. Hal ini karena efek samping suntik vitamin C tidak baik untuk kesehatan.

Kiwi

Buah yang berbentuk oval ini hanya dibudidayakan di beberapa negara saja. Kiwi sering disebut dnegan googeberry Cina. Selain dapat memenuhi asupan vitamin C pada tubuh, buah ini juga memiliki rasa yang lezat.

Cabai

Menurut beberapa penelitian cabai mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan melebihi makanan lain. Untuk itu, dengan mengonsumsi cabai dengan porsi yang cukup akan mampu memenuhi asupan harian di tubuh.

Jambu Biji

Jambu biji atau biasa disebut dengan guava merupakan makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menghindari efek samping suntik vitamin C. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus. Jambu biji sangat bak untuk kesehatan dan jika dikonsumsi secar rutin mampu membuat kulit Anda cerah dan bersih.