Daftar Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik dan Terkenal

By Categories : Wisata

Selain terkenal dengan tempe mendoan nya, kota yang terletak di Kapubaten Banyumas ini  juga memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika sedang berkunjung ke kota yang satu ini. Seperti yang ketahui Purwokerto terkenal dengan keindahan alam hutan, air terjun dan juga bumi-bumi perkemahan yang ada di sana. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan pecinta keindahan alam, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata di Purwokerto paling menarik berikut ini.

wista purowkerto

Rekomendasi tempat wisata di Purwokerto paling populer

Wisata Baturraden

Tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Slamet ini berada pada ketinggian 640 meter di atas permukaan laut. Di atas ketinggian tersebut Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah serta dapat menikmati sejuknya kota Purwokerto. Untuk bisa ke sini Anda harus menempuh perjalanan sekiar 15 menit dari kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan. Di tempat wisata ini Anda pun bisa melihat keindahan Pulau Nusa Kambangan yang terkenal.

Air Terjun Curug Gede

Yang kedua adalah Air Terjun Curug Gede. Air terjun yang satu ini terletak di Desa Wisata Ketengger. Untuk dapat ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 3 km dari wisata Baturraden. Di tempat wisata ini mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang ada di sana. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa menikmati segarnya air di Air Terjun Gede tersebut.

Telaga Sunyi

Sama seperti namanya, wisata ini belum banyak diketahui oleh semua orang. sehingga bagi Anda yang sangat menyukai ketenangan di dalam bebas cobalah untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Telaga Sunyi terletak di sebelah timur kawasan wisata Baturraden. Anda harus menempuh jarak 3 km untuk bisa memasuki kawasan wisata yang satu ini. Jika beruntung, Anda juga akan bisa menjumpai kupu-kupu warna-warni yang beterbangan di sekitar telaga.

Air Terjun Curug Cipendok

Tempat wisata di Purwokerto selanjutnya adalah Air Terjun Curug Cipendok. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 92 km ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mempesona. Curug Cipendok sendiri terletak di Desa Karang Tengah Kecamatan Cilingok, tepatnya 25 km dari pusat kota Purwokerto. Pemandangan alam yang indah tentu saja dapat menjadi kenangan tersendiri bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Goa Maria Kaliori

Berikutnya adalah Goa Maria Kaliori. Goa Maria Kaliori sendiri merupakan salah satu tempat wisata rohani yang sering dikunjungi oleh umat Katholik. Selain itu, tempat wisata ini juga merupakan obyek rekreasi yang sangat indah dan menenangkan. Jika tertarik Anda bisa mengunjunginya dari pusat kota kemudian ambil rute menuju ke Sokaraja dan beloklah ke kanan. Setelah menemukan pertigaan lampu merah ikutilah papan petunjuk yang ada di sana.

Pancuran 3 dan Pancuran 7

Tempat wisata ini masih berada di kawasan Baturaden. Pancuran 3 dan pancuran 7 sering digunakan sebagai tempat pengobatan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Air yang mengalir di pancuran ini mengandung belerang yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya menikmati wahana air, di sini Anda juga dapat menikmati pemandangan sekitar yang sangat indah. Untuk mencapai ke tempat wisata ini Anda harus berjalan kaki melewati ratusan anak tangga. Untuk itu, Anda harus menyiapkan stamina tubuh.

Gua Sarabadak

Tempat wisata di Purwokerta yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Gua Sarabadak. Bagi Anda yang suka tantangan sangat tepat untuk mengunjungi gua yang satu ini. Untuk memasuki gua, Anda harus berjalan kaki  dengan menysuri jalan setapak yang lumayan melelahkan. Namun begitu, sesampainya di Gua Sarabadak rasa lelah Anda akan terbayarkan karena Anda akan melihat bebatuan dengan warna keemasan serta aliran sungai air segar di dalam gua. Selain itu, di gua ini Anda juga akan menemukan siraman air panas.

Pemandian Kalibacin

Lokasi tempat wisata ini berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota Purwokerto. Tepatnya di desa Tambak Negara, kecamatan Rawalo. Pemandian Kalibacin merupakan wisata pemandian air panas yang dikenal juga dengan Wisata Husada. Selain untuk berwisata, pemandian ini juga sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan tulang. Kawasan wisata ini juga merupakan kawasan sejarah peninggalan Belanda.

Combong Valley

Bagi Anda yang senang dengan kegiatan outbond maka Combong Valley merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Purwokerto. Combong Valley menyediakan wahana paintball yang sangat seru. Anda disarankan untuk pergi ke sini bersama rombongan agar dapat menikamti berbagai macam kegiatan beramai ramai. Biasanya tempat wisata ini digunakan untuk kegiatan sekolah di sekitar Purwokerto. Selain itu beberapa perusahaan atau instansi juga sering melakukan outbond di tempat ini.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Purwokerto paling menarik dan terkenal.

Baca juga tempat wisata di Sentul paling menarik.