Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

By Categories : Makanan

Kolagen merupakan protein yang paling banyak di dalam tubuh manusia. Pada umumnya kolagen dapat ditemukan pada kulit, jaringan ikat, mata dan juga dinding pembuluh darah. Kolagen memiliki fungsi struktural di dalam tubuh. Tak hanya itu saja beberapa kolagen juga berfungsi sebagai penutup ataupun pelindung organ halus di dalam tubuh seperti ginjal, kolagen juga berfungsi untuk pemulihan sel-sel kulit mati. Salah satu vitamin yang dapat membantu pembentukan kolagen adalah vitamin C. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar makanan yang mengandung kolagen tinggi.

Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Inilah makanan yang mengandung kolagen tinggi

Jambu biji

Di Indonesia sendiri jambu biji  sangat populer dan cukup mudah untuk ditemui. Dalam 100 gram jambu biji mengandung 228 miligram vitamin C. Tentu saja vitamin tersebut tiga kali lebih besar dari kebutuhan vitamin C harian termasuk asupan kolagen. Selain kaya akan vitamin C, jambu biji juga kaya akan vitamin A dan serat.

Pepaya

Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga kaya akan kolagen. Pepaya merupakan buah tropis yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat pepaya sangat disukai oleh banyak orang. Buah ini kaya akan vitamin C yang dapat memenuhi asupan kolagen sebanyak 61,8 dalam setiap 100 gram buahnya.

Kiwi

Makanan yang mengandung kolagen selanjutnya adalah kiwi. Buah asli China ini  kaya akan fito-kemikal, yaitu vitamin dan juga mineral yang sangat banyak dan berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi sebanyak 92,7 yang sangat berguna untuk mendukung kebutuhan kolagen.

Buah jeruk

Sudah menjadi rahasia umum jika buah jeruk kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram buah jeruk kaya akan vitamin C hingga 53,2 mg. Dan tentu saja hal ini dapat memenuhi sekitar  90% kebutuhan harian vitamin C. Tak hanya itu saja buah jeruk kaya akan kolagen dan juga flavonoid yang sangat tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan zat herpidin yang berguna unutk menurunkan tekanan darah tinggi.

Lemon

Berikutnya adalah lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Namun tak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang tinggi pada temon dapat memenuhi 88% kebutuhan vitamin tersebut dalam setiap harinya. lemon juga kaya akan vitamin B komplek yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Leci

Leci merupakanan makanan yang mengandung kolagen tinggi selanjutnya. Dalam 100 gram buah leci mengandung 71,5 mg vitamin C yang berguna sebagai kolagen. Kebutuhan vitamin C yang tercukupi, tentu saja ini akan membuat Anda terhindar dari serangan virus dan penyakit.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang mengandung kolagen tinggi. Baca juga makanan untuk mengatasi kulit kering.

loading...