Daftar Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Dunia

By Categories : Makanan

Selain Indonesia yang memiliki beberapa makanan khas yang mendunia, Jepang juga memiliki beberapa makanan khas yang dikenal di dunia. Tidak hanya terkenal dengan anime, Jepang nampaknya juga memiliki makanan khas yang terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Makanan khas Jepang ini banyak disukai karena cara pengolahan yang unik dan rasanya yang khas. Nah bagi Anda pecinta kuliner tidak ada salahnya jika mencoba beberapa makanan khas Jepang berikut ini.

Daftar Makanan Khas Jepang

Berikut Daftar Makanan Khas Jepang Terfavorit

Sushi

Kuliner khas Jepang yang satu ini tentu namanya bukan asing lagi. Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menjual Sushi. Sushi pada umumnya terbuat dari nasi, timun Jepang, nori, dan juga dilengkapi dengan jenis ikan. Rasa yang unik menjadikan makanan ini banyak digemari para pecinta kuliner. Saat ini memang sudah banyak varian dari sushi yang bisa dinikmati mulai dari daging ikan mentah sampai dengan daging ikan yang sudah dibakar.

Dorayaki

Bagi Anda yang pernah menonton serial kartun dari Jepang yakni Doraemon tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini yakni dorayaki. Kue dengan bentuk bulat ini adalah salah satu kue tradisional khas Jepang. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat dorayaki adalah seperti susu, telur, dan juga tepung terigu. Kue dorayaki ini diolah dengan cara dipanggang, kemudian direkat menggunakan selai merah. Kini dorayaki sudah banyak dijumpai di restoran atau di mal-mal di Indonesia.

Okonomiyaki

Daftar makanan khas Jepang berikutnya adalah okonomiyaki. Dapat dibilang makanan khas yang satu ini ebagai pizza khas dari Jepang. Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu yang diolah dengan kaldu kemudian dipanggang. Untuk melengkapinya biasanya ditaburi kol, telur ayam, atau seafood seperti cumi-cumi, gurita, atau daging ikan. Setelah matang okonomiyaki disajikan dengan saus atau mayonais sesuai selera masing-masing.

Takoyaki

Takoyaki berbentuk bola kecil dengan isi cumi-cumi atau gurita. Dapat dibilang makanan khas Jepang yang satu ini merupakan cemilan yang juga banyak digemari masyarakat dunia. Takoyaki pada umumnya terbuat dari adonan tepung yang sudah dicetak ke dalam cetakan berbentuk bulat kemudian digoreng. Tidak hanya berisikan cumi-cumi atau gurita, saat ini takoyaki berisikan banyak variasi seperti daging sapi, sosis, atau daging kepiting. Takoyaki disajikan dengan saus yang diberi nama okonomiyaki atau taburan seruk berbahan dari ikan cakalang.

Mochi

Kue mochi masuk dalam daftar makanan khas Jepang berikutnya yang mendunia. Kue mochi banyak disukai karena rasanya yang manis. Kue mochi juga merupakan kue tradisional asal Jepang yang berbahan dasar dari beras ketan yang telah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Bentuknya yang bulat menjadi ciri khas dari kue mochi. Di dalamnya terdapat varian rasa seperti rasa cokelat, keju, sampai dengan mochi isi es krim yang juga menjadi daya tarik pecinta kuliner.

Teriyaki

Makanan Jepang terpopuler ini dimasak dengan cara dipanaskan atau dipanggang diatas wajan yang terbuat dari besi dan menggunakan saus teriyaki. Saus ini terbuat dari kecap asin, sake untuk memasak, serta gula pasir. Bahan-bahan makanan akan dipanggang dan diolesi saus teriyaki hingg beberapa kali sampai matang. Orang Jepang biasanya menggunakan bahan seperti ikan tongkol, ikan marlin, dan mackarel. Sedang orang di luar Jepang biasanya menggunakan daging ayam, sapi, atau cumi-cumi.

Soba

Soba merupakan salah satu jenis mie Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda atau soba. Soba merupakan mie telur asal Tiongkak yang dimasak menjadi Yakisoba. Setelah direbus, soba kemudian dicuci menggunakan air dan didinginkan sebelum dihidangkan. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah tsuyu. Soba yang dihidangkan dalam keadaan dingin disebut juga morisoba atau zarusoba.

Yakiniku

Makanan ini sebenarnya merupakan makanan khas Korea tetapi diadaptasi menggunakan bumbu khas Jepang. Dalam bahasa jepang, yakiniku berarti daging yang dipanggang. Dan dalam arti yang lebih luas, yakiniku merupakan berbagai masakan dari daging sapi yang dipanggang seperti bistik, babeque, dan daging domba yang dipanggang. Daging-daging tersebut ditusuk menggunakan tusukan logam sebelum dipanggang.

Onigiri

Makanan ini banyak terdapat pada anime atau komik-komik Jepang. Onigiri memiliki rasa yang enak dengan cara pembuatan yang cukup sederhana. Untuk memakannya, masyarakat Jepang biasanya menggunakan tangan tanpa memakai sumpit. Agar lebih nikmat biasanya onigiri disajikan dengan bumbu khas. Onigiri merupakan makanan yang berbentuk nasi yang sudah dipadatkan dalam posisi hangat dan dibentuk segi tiga atau bulat. Ada berbagai varian rasa dari onigiri yaitu asam, daging ikan, dan telur ikan. Makanan ini cukup menyehatkan sehingga sangat digemari masyarakat Jepang.

Nah demikianlah tadi ulasan mengenai daftar makanan khas Jepang yang terkenal di Dunia. Baca juga artikel terkait mengenai Tempat wisata favorit di Jepang.