Daftar Makanan Khas Betawi yang Paling Populer

By Categories : Makanan

Betawi merupakan suku asli asal Kota Jakarta. Betawi terkenal dengan beberapa kuliner khas sejak jaman dulu. Beberapa makanan khas asal Betawi telah dipengaruhi beberapa budaya seperti budaya China, budaya Arab, dan juga budaya Eropa. Hal tersebut membuat beberapa makanan khas Betawi memiliki cita rasa gurih.

Dengan seiring berkembangnya jaman, kehadiran beberapa makanan khas tersebut harus tetap dilestarikan agar tak hilang. Nah bagi Anda yang penasaran apa saja daftar makanan khas Betawi, di bawah ini terdapat beberapa daftar makanan khas Betawi yang wajib untuk dicoba!

Makanan Khas Betawi

Berikut Daftar Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba

Kerak Telor

Kerak Telor merupakan salah stau makanan khas Betawi yang namanya sudah terkenal sejak jaman dahulu. Pada acara Pekan Raya Jakarta makanan khas ini dapat mudah dijumpai. Kerak Telor merupakan kuliner yang hampir mirip dengan martabak telor, namun yang membedakannya adalah cara pembuatan dan isi di dalamnya. Adapun isi dari kerak telor di antaranya ketan, ubi, dan serondeng. Cara pembuatan kerak telor ini masih sederhana dengan tungku arang.

Nasi Uduk

Makanan khas Betawi berikutnya adalah nasi uduk. Tidak hanya masyarakat Jakarta saja yang mengenal nasi uduk, kuliner yang satu ini juga terkenal di beberapa daerah di Indonesia. Nasi uduk hampir mirip dengan nasi liwet. Nasi uduk diolah dengan rempah dan bumbu-bumbu yang menjadi ciri khasnya. Rempah yang biasa digunakan untuk membuat nasi uduk seperti garam, serai, santan, daun jeruk, daun salam, sehingga membuatnya menjadi lebih gurih. Sedangkan untuk lauk seperti telur dadar, ayam goreng, empal, sambal kentang balado, dan juga sambal kacang.

Ketoprak

Ketoprak Betawi berisi lontong atau ketupat yang didalamnya ditambahkan bihun, taoge, tahu, dan siraman sambal kacang yang menjadi ciri khasnya. Selain itu ketika disajikan ketoprak Betawi juga ditaburi dengan bawang merah yang sudah digoreng serta kerupuk sebagai pelengkap. Kuliner ini keberadaannya sangat populer dan wajib untuk dicoba.

Laksa betawi

Makanan khas Betawi berikutnya adalah Laksa padang. Laksa merupakan kuliner berasal dari daerah Cibinong kemudian sampai dengan Jakarta yang dikenal Laksa Betawi. Laksa Betawi berisi perkedel, telur, bihun, daun kucai, dan juga daun kemangi yang dihidangkan dengan mie beserta kuah. Kuliner ini mendapatkan pengaruh dari China yang mempunyai citarasa yang manis dan gurih.

Soto Betawi

Kuliner khas Betawi yang kelima adalah soto Betawi. Soto Betawi merupakan kuliner yang terdiri dari daging sapi, kentang, santan, dan tomat. Cita rasa yang dimiliki soto Betawi gurih, mengingat terdapat santan dalam pembuatannya. Selain itu ciri khas dari soto Betawi adalah daging yang empuk serta kuah yang gurih. Bagi orang Betawi, soto betawi merupakan makanan wajib saat lebaran tiba. Kuliner ini cocok disajikan dengan nasi putih dan taburan bawang merah goreng.

Roti Buaya

Dalam pernikahan adat Betawi, roti buaya merupakan salah satu makanan wajib yang harus dihadirkan. Roti buaya mulai dikenal sejak orang Eropa datang ke Indonesia. Waktu itu, roti merupakan lambang kemapanan, sedangkan sepasang buaya merupakan kesetiaan. Sehingga roti buaya menjadi simbolis kemapanan dan kesetiaan seumur hidup.  Bahan yang digunakan untuk membuat roti buaya hampir sama dengan roti pada umumnya, yang membedakan adalah ukura dan bentuknya.

Sate Lembut Betawi

Makanan khas Betawi yang dapat Anda coba selanjutnya adalah sate lembut Betawi. Sate ini hampir mirip bentuknya dengan sate lilit dari Bali. Sate lembut terbuat dari daging sapi yang digiling hingga lembut, kemudian dicampurkan dengan kelapa dan rempah-rempah. Setelah itu, daging ditumbuk agar menyatu dengan bumbu dan diremas-remas agar pulen. Sate yang satu ini memiliki tekstur lembut serta citarasa yang manis dan gurih yang berasal dari rempah-rempah. Biasanya sate lembut disajikan dengan bumbu kacang dan ketupat.

Babanci

Makanan ini terbuat dari santan, kelapa sangrai, daging, yang diberi bumbu -bumbu seperti kemiri, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan cabai. Yang menjadi ciri khas babanci adalah terdapat serutan kasar kelapa muda dibagian atasnya. Untuk memasak babanci memerlukan keahlian khusus, mulai dari meracik bumbu agar takarannya pas, hingga memotong dan merebus daging sapi. Jika dilihat sepintas, babanci sangat mirip dengan soto dengan kuah yang kental.

Kue Rangi

Kue tradisional khas Betawi ini terbuat dari bahan dasar kelap yang diparut dan tepung sagu yang dibalut dengan saus gula merah. Kue rangi hampir mirip dengan kue pancong. Untuk memasaknya, masyarakat Betawi zaman dahula menggunakan kayu bakar untuk memanggang sehingga aromanya mejadi lebih wangi.

Nah itulah tadi beberapa daftar makanan khas Betawi yang paling populer. Jangan lupa untuk mencoba ketika berkunjung ke Jakarta. Baca juga artikel mengenai Makanan khas Solo yang wajib dicoba.

terms: makanan khas betawi yang populer