Daftar 5 Sungai Terpanjang di Indonesia

By Categories : Umum

Di Indonesia memiliki banyak sungai yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sungai-sungai di Indonesia memiliki peranan yang cukup penting untuk kehidupan warga yang berada di sekitarnya. Salah satu fungsi dari sungai adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air yang berasal dari aliran sungai yang deras. Namun tidak hanya sebagai PLTA saja melainkan juga sebagai irigasi, perikanan, transportasi, dan banyak lagi.

Sungai Kapuas

Indonesia negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau, tak heran jika terdapat banyak sungai yang tersebar di berbagai wilayah. Diantara banyaknya sungai yang tersebar di wilayah Indonesia, beberapa diantaranya memiliki panjang yang mencapai ribuan meter. Penasaran apa saja sungai tersebut? Di bawah ini terdapat daftar 5 sungai terpanjang di Indonesia.

Berikut 5 Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sungai ini menjadi yang terpanjang di pulau Kalimantan sekaligus di negara Indonesia. Sungai Kapuas memiliki panjang mencapai 1.143 km. Mata air dari sungai Kapuas berasal dari pegunungan Muller yang menalir sampai dengan selat Karimata. Sampai saat ini sungai Kapuas masih terjaga kelestariannya dan terdapat hutan hujan tropis yang masih dilindungi oleh pemerintah.

Sungai Mahakam

Sungai terpanjang di Indonesia kedua adalah sungai Mahakam yang juga terletak di pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur. Sungai Mahakam memiliki panjang 920 km yang membentang sampai dengan selat Makasar. Sungai ini banyak dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai kebutuhan termasuk seperti sebagai sarana transportasi, pengairan, dan juga perikanan. Dengan panjang mencapai 920 km tak heran jika sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia.

Sungai Barito

Sungai Barito menjadi sungai terpanjang ketiga di Indonesia. Sungai ini memiiki panjang mencapai 909 km yang memiliki mata air dari gunung Rasan sampai dengan Laut Jawa. Sungai Barto terletak di pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Selatan. Sungai ini menjadi sungai terpanjang pada urutan yang ketiga di Indoneisa.

Sungai Batanghari

Sungai terpanjang di Indonesia yang keempat adalah sungai Batanghari yang terletak di pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Sungai ini mengalir dari gunung Rasan sampai menuju Muara Sabak yang terletak di bagian timur dari Pulau Sumatera. Sungai Batangharai memiliki panjang sekitar 800 km.

Sungai Musi

Sungai yang kelima atau yang terakhir pada pembahaan kali ini adalah sungai Musi. Salah satu pemanfaatan sungai musi adalah menjadi pusat wisata air oleh masyarakat sekitar. Sungai Musi terletak di pulau Sumatera tepatnya pada Provinsi Sumatera Selatan dengan Ibu Kota Palembang. Sungai Musi memiliki panjang mencapai 750 km dengan mata air dari daerah Kepahiang, Bengkulu yang dapat mengalir menuju daerah Sungsang di sebelah timur pulau Sumatera.

Demikianlah tadi beberapa daftar 5 sungai terpanjang di Indonesia, untuk sungai lainnya seperti sungai Mamberamo dengan panjang 670 km letaknya di pulau Papua, sungai Bengawan Solo di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan panjang mencapai 548 km, dan banyak lagi. Baca juga Sungai paling berbahaya di dunia.

terms: pengairan terpanjang di indonesia