Cara Merawat Sugar Glider untuk Pemula

By Categories : Tips

Bagi Anda yang sangat senang dengan binatang, memilki binatang peliharaan adalah cara terbaik untuk memuaskan hobi Anda tersebut. Biasanya binatang yang paling sering dipelihara adalah kucing, hamster, marmut, kelinci dan binatang menggemaskan lainnya. Lalu bagaimana dengan sugar glider? Sugar glider merupakan salah satu binatang eksotik asli dari wilayah Timur Indonesia yaitu di daerah Papua. Nama sugar glider sendiri berasal dari kebiasaan binatang yang satu ini, sugar yang artinya manis. Hal ini karena sugar glider sangat menyukai makanan yang manis-manis.

Cara Merawat Sugar Glider untuk Pemula

Jika dilihat sepintas, bentuk dari sugar glider sama seperti kanguru dan koala. Ini karena sugar glider merupakan termasuk hewan berkantung atau marsupial. Jika Anda tertarik untuk memelihara binatang ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut adalah cara merawat sugar glider untuk pemul.

Inilah Cara memelihara sugar glider untuk pemula

Jinakkan sugar glider terlebih dahulu

Pada umumnya sugar glider merupakan hewan yang liar. Oleh karena itu saat Anda akan memelihara binatang ini, yang perlu Anda lakukan adalah membiarkannya terlebih dahulu dalam lingkungan barunya selama beberapa hari. Supaya sugar glider cepat mengenali pemiliknya, Anda dapat menaruh baju kotor di sekitar kandung atau di dalam kandangnya. Hal ini bertujuan agar sugar glider mengenali bau Anda. setelah dirasa cukup, Anda dapat memberinya makan dengan tangan Anda sendiri, namun Anda juga harus hati-hati, karena bukan tidak mungkin Anda masih dianggap sebagai ancamannya.

Perhatikan makanan sugar glider

Seperti yang Anda ketahui sugar glider sangat menyukai makanan yang manis. Oleh karena itu, Anda dapat memberikan buah-buahan dan sayuran untuk makanan sehari-hari. namun yang perlu Anda ketahui adalah sugar glider merupakan salah satu hewan yang mudah bosan dengan apa yang ia makan. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam pemberian makanan. Selain buah dan sayur, sugar glider juga menyukai bubur bayi.

Perhatikan kandang sugar glider

Cara merawat sugar glider selanjutnya adalah dengan memperhatikan kandangnya. Sugar glider adalah hewan yang sangat aktif dan suka melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Untuk menunjang keaktifan dari sugar glider sendiri, Anda dapat memilih kandang dengan ukuran yang luas dan tinggi. Semakin luas kandangnya, ini akan membuat sigar glider senang dan dapat leluasa untuk bermain di dalam kandangnya. Dan sebaiknya hindarkan kandang dari paparan sinar matahari, karena cahaya dapar mengganggu penglihatan sugar glider itu sendiri.

Mandikan sugar glider

Selain menjaga kebersihan kandang, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tubuh sugar glider dengan cara memandikannya. Cara membersihkannya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengelap tubuh sugar glider dengan menggunakan tisu basah ataupun dengan menggunakan air. Setelah memandikannya, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunkan pengering.

Nah itulah beberapa cara merawat sugar glider untuk pemula. Baca juga artikel tentang Hewan dengan kemampuan unik.

terms: cara merawat sugar glider, merawat sugar glider untuk pemula, cara mengolah buah makanan sugar glider, cara merawat sugar glider bagi pemula, cara perawatan sg bagi pemula