Cara Merawat Ikan Arwana di Akuarium

By Categories : Tips

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias air tawar yang awalnya berasal dari alam bebas seperti sungai dan danau. Saat ini ikan tersebut banyak digemari pecinta ikan hias untuk dipelihara di rumah. Kebanyakan orang memelihara ikan arwana di tempatkan di kolam ataupun di akuarium. Terdapat beberapa cara merawat ikan arwana yang perlu diperhatikan khususnya di akuarium.

Arwana Super Red

Ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan tersebut dapat dikatakan gampang-gampang susah untuk merawatnya. Bisa dibilang gampang atau mudah jika sudah mengetahui caranya. Oleh sebab itu tak ada salahnya jika mengetahui bagaimana saja merawat ikan arwana yang baik dan benar di akuarium? Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Merawat Ikan Arwana Paling Mudah

Perhatiakan Suhu Air

Cara merawat ikan arwana di akuarium pertama adalah berikan heater. Heater merupakan alat pemanas saat suhu air sedang dingin. Untuk suhu air yang pas memelihara ikan arwana adalah kisaran 26 sampai 30 derajat celcius. Hal ini sangat berguna agar ikan arwana terhindar dari berbagai penyakit yang bisa datang pada air dengan suhu rendah.

Dengan kisaran suhu tersebut membuat ikan arwana dapat nyaman di dalam akuarium. Sementara untuk suhu terlalu tinggi dapat menyebabkan jaringan lembut di sekitar kepala keriput. Untuk itu pemelihara dapat mengukur suhu air dengan thermometer, dan menggunakan alat heater jika suhu terlalu rendah.

Pemberian Filter

Filter adalah alat penyaring yang digunakan untuk membantu proses pembersihan air agar tetap bersih. Untuk memelihara ikan di akuarium termasuk ikan arwana berikan filter air untuk menyaring kotoran yang terdapat di air. Selain menjaga agar air tetap bersih, filter juga menghindarkan bakteri dari kotoran yang dapat menyebabkan jamur pada kulit ikan.

Mengganti Air secara Berkala

Cara merawat ikan arwana berikutnya adalah dengan mengganti kadar air secara berkala. Untuk proses pergantian air di dalam akuarium dapat dilakukan setiap dua kali dalam seminggu. Perlu diketahui bahwa ikan arwana sangat sensitive terhadap zat seperti klorin. Untuk membuat air seperti di alam liar, dapat menggunakan ekstrak dari daun ketapang. Daun ketapang memiliki pewarna coklat alami yang menghindarkan penggunaan bahan kimia.

Berikan Lampu TL

Pemberian lampu TL juga berguna untuk menerangi akuarium sekaligus agar tampilan akuarium terlihat lebih menarik. Perhatikan dalam penggunaan lampu TL, jangan gunakan lampu TL terlalu terang. Lampu TL yang terlalu terang dapat membuat ikan stress akibat dari suhu yang panas. Untuk lampu TL yang digunakan pada akuarium 80 x 40 cm dapat menggunakan lampu 20 watt.

Berikan Tanaman Air

Selain pemberian lampu TL, pemberian tanaman air juga dapat membantu untuk mencegah ikan stress. Di dalam habitatnya asli ikan arwana suka bersembunyi di tanaman air. Untuk memberikan efek tersebut pada akuarium, pemelihara bisa menambahkan tanaman air untuk ikan arwana.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa cara merawat ikan arwana di akuarium. Untuk pemberian makanan dapat diberikan jangkrik, belalang, ataupun anak katak. Ini dikarenakan ikan arwana lebih menyukai jenis makanan yang berada di permukaan air.

Hingga saat ini terdapat berbagai jenis ikan arwana yang tersebar di seluruh dunia. Setiap jenis ikan arwana memiliki keunikan masing-masing. Berikut beberapa jenis ikan arwana yang perlu Anda ketahui.

Jenis Ikan Arwana

Arwana Super Red

Jenis arwana ini merupakan ikan arwana termahal hingga saat ini. Jenis super red banyak ditemukan di Asia, salah satunya berkembangbiak di Indonesia. Habitat ikan arwana ini banyak di jumpai di Kalimantan Barat. Ikan hias air tawar ini juga merupakan ikan paling populer di Asia karena memiliki warna merah mencolok di semua sisiknya.

Arwana Golden Crossback

Jenis ini juga masuk daftar ikan arwana termahal dan banyak diburu karena dipercaya mampu membawa hoki. Yang menarik dari ikan arwana jenis ini adalah terlihat sangat menawan dengan warna emas hampir diseluruh bagian tubuh. Warna emas tersebut terlihat menyala saat berada di akuarium.

Arwana Red Tail Golden

Ikan arwana jenis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis arwana super red dan golden crossback. Perpaduan warna merah dan emas membuat ikan arwana ini sangat disukai para penggemar ikan hias.

Arwana Hijau dan Biru

Jenis arwana ini memang jarang diminati dibandingkan dengan jenis lainnya. Ciri khasnya adalah memiliki sisik berwarna perak dan putih serta hijau dan biru pada bagian siripnya. Ikan arwana hijau dan biru biasanya sangat cocok untuk pemula yang ingin memelihara ikan arwana. Selain memiliki harga yang lebih terjangkau, ikan arwana ini juga tidak terlalu agresif dibanding dengan jenis ikan arwana lain.

Baca juga artikel mengenai Tips memelihara ikan cupang.

terms: manfaat daun ketapang untuk ikan arwana, mengatasi arwana keriput, cara memberi daun ketapang untuk arwana, cara mengolah daun ketapang untuk arwana, daun ketapang untuk arwana