Cara Merawat Harddisk pada Laptop

By Categories : Tips

Harddisk merupakan hardware yang memiliki fungsi sangat penting yaitu sebagai media penyimpanan data permanen. Harddisk memerlukan sebuah perawatan yang baik, agar tetap tahan lama dan juga awet. Harddisk memiliki 2 tipe yaitu untuk harddisk eksternal, dan juga untuk internal. Keduanya memang membutuhkan perawatan khusus. Lalu bagaimana cara merawat harddisk pada laptop yang baik dan benar? Silahkan simak ulasan dan pembahasan di bawah ini!

Cara Merawat Harddisk pada Laptop

Cara Merawat Harddisk pada Laptop

Jangan Terlalu Sering Melakukan Instal Ulang

Melakukan install ulang merupakan suatu hal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk jika sering melakukannya. Oleh sebab itu jangan sampai Anda melakukan install ulang terus menerus. Proses install ulang ini akan berhubungan dengan keawetan pada sebuah harddisk. Oleh sebab itu jika terjadi permasalahan pada laptop atau juga komputer Anda maka sebaiknya jangan lakukan langsung install ulang. Proses instal ulang merupakan proses terakhir ketika tidak ada jalan atau solusi lainnya.

Menggunakan Laptop pada Meja

Nah yang satu ini Anda harus membiasakan bermain laptop di atas meja (bagi Anda yang menggunakan laptop). Hal ini sangat penting karena laptop akan panas berlebih jika di letakkan di tempat yang kedap akan udara seperti bermain laptop di atas kasur. Selain itu meletakkan laptop di atas pangkuan kaki juga akan mengurangi umur dari sang harddisk tersebut. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ketika bermain laptop letakkan di tempat yang datar. Baca juga Dampak Buruk Menggunakan Earphone

Melakukan Defrag Berkala

Seiring dengan penggunaan setiap harinya seperti penggunaan data-data, atau sekedar meng-copy file maka harddisk juga perlu maintenance atau perawatan. Maintenance atau perawatan pada harddisk dapat dilakukan dengan cara melakukan proses defragment. Defrag merupakan suatu proses dimana Anda sebagai pengguna menata ulang ruang-ruang di dalam harddisk. Defrag dapat dilakukan dengan aplikasi tambahan, maupun aplikasi bawaan pada Windows. Untuk proses defrag yang baik sebaiknya jangan terlalu sering, karena dapat merusaknya. Lakukan defrag 1 sampai 2 kali dalam 1 bulan.

Menghapus Data yang Tidak Perlu

Cara merawat harddisk pada Laptop yang baik dan benar berikutnya sebaiknya Anda menghapus data yang tidak Anda perlukan. Anda perlu menghapus data secara rutin yang sekiranya tidak diperlukan. Oleh sebab itu data yang tidak terpakai akan menjadi sampah ketika tidak dibersihkan.

Menggunakan Antivirus

Virus dapat mengganggu kinerja dari sebuah harddisk. Biasanya virus akan membuat laptop terasa lemot, dan juga banyak juga akan mempengaruhi sang harddisk. Oleh sebab itu untuk mengatasi masuknya virus ke dalam komputer, sebaiknya Anda menggunakan antivirus sebagai penangkalnya. Untuk itu pastikan juga antivirus Anda selalu up to date. Anda dapat menggunakan antivirus berbayar atau juga gratis.

Itulah tadi beberapa cara merawat harddisk pada laptop, baca juga artikel lainnya Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

terms: memelihara harddisk laptop