Cara Merawat Baterai Smartphone

By Categories : Umum

Setelah pembahasan kemarin membahas mengenai Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar, pada pembahasan kali mengenai cara merawat baterai smartphone. Seperti halnya dengan baterai yang ada pada laptop, baterai yang ada pada smartphone juga perlu dirawat agar tetap awet dan tahan lama. Dengan merawat baterai, dapat menghindarkan permasalahan yang sering terjadi seperti baterai nge-drop atau cepat habis. Apalagi memiliki smartphone seperti Android, Windows Phone, iPhone, atau Blackberry harus mengetahui perawatan pada baterai. Oleh sebab itu Anda harus pandai merawat baterai dengan beberapa tips berikut ini!

Cara Merawat Baterai Smartphone

Cara Merawat Baterai Smartphone

Menjaga Suhu Baterai

Jika baterai sering mengalami panas yang berlebih, maka dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat menggelembung. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja baterai menjadi cepat nge-drop dengan menguras energi lebih banyak. Oleh sebab itu batasi penggunaan jangan terlalu lama, dan hentikan penggunaan sejenak ponsel Anda untuk menghindari panas berlebih pada baterai dan juga komponen lainnya.

Mengatur Pencahayaan

Cahaya yang terlalu terang dapat juga menghabiskan baterai terlalu cepat. Hal ini akan menguras daya baterai secara berlebih. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda menurunkan intensitas cahaya agar tidak terlalu terang. Biasanya cahaya terlalu terang dan terlalu redup dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda.

Jangan Terlalu Lama dalam Mengisi Daya Baterai

Pengisian baterai yang berlebih dapat menyebabkan kelebihan muatan ion yang dpaat mempengaruhi kinerja baterai. Untuk itu sebaiknya Anda melepas kabel pengisi daya ketika kapasitas baterai sudah full atau mencapai angka 80 sampai dengan 90%. Meskipun sudah ada smartphone yang otomatis akan menghentikan pengisian daya ketika sudah penuh, sebaiknya Anda tetap menghindari pengisian daya terlalu lama, untuk menghindari kebiasaan buruk.

Jangan Meletakkan Di Suhu yang Panas

Cara merawat baterai smartphone berikutnya adalah jangan meletakkan di suhu yang terlalu panas. Selain dapat menyebabkan kerusakan baterai, meletakkan ponsel di suhu yang panas dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel tersebut. Oleh karena itu hindari tempat dengan suhu yang panas untuk mencegah kerusakan pada komponen.

Menghindari Baterai Habis

Selain menghindari pengisian daya berlebih, menghindari baterai habis juga diperlukan untuk merawat baterai smartphone agar tetap awet. Jangan terlalu sering membiarkan baterai Anda dalam keadaan low-bat atau baterai dibawah 15%. Jika Anda sedang bepergian sebaiknya bawalah powerbank sebagai alternatif pengisian daya, dan juga untuk menghindari habisnya kapasitas daya pada baterai.

Kurangi Penggunaan Live Walpaper

Penggunaan live wallpaper atau wallpaper yang dapat bergerak sendiri dapat menyebabkan baterai cepat habis. Ini dikarenakan pengurasan daya pada baterai yang berlebih. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengurangi penggunaan wallpaper yang dapat bergerak untuk menjaga agar baterai mampu bertahan lama.

Sekian pembahasan mengenai Cara Merawat Baterai Smartphone yang dapat Anda lakukan, adapula cara lain yaitu dengan cara mematikan ponsel ketika sedang melakukan pengisian daya. Baca juga artikel terkait lainnya Cara Kerja Foto Satelit