Cara Menjaga Kesehatan Tulang dengan Baik

By Categories : Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang penting untuk kita lakukan. Dalam hal ini terdapat berbagai cara untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat. Meskipun terkadang tubuh kita tidak mampu menghindari yang namanya sakit. Seperti halnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lain, menjaga kesehatan tulang juga perlu diperhatikan sejak usia muda. Biasanya penyakit tulang akan menyerang seseorang, ketika sudah mengalami usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan pula penyakit tulang dapat menyerang seseorang yang masih berusia produktif.

Salah satu penyakit tulang yang mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar adalah osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang mengakibatkan kerapuhan pada tulang yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan pada tulang. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang yang baik? Agar Anda mengetahuinya, berikut ini adalah ulasan yang dapat Anda baca yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Inilah Tips Menjaga Kesehatan Tulang

Kurangi Minuman Bersoda

Cara yang satu ini memang efektif dalam menjaga kesehatan tulang. Minuman bersoda dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang akan berkurang jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. Oleh karena itu bagi Anda yang tidak ingin kepadatan tulang berkurang, alangkah baiknya untuk mengurangi minuman yang mengandung soda sebagai solusi untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Cara menjaga kesehatan tulang yang berikutnya adalah mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D dapat kita dapatkan melalui sayur-sayuran dengan ciri khasnya yang berwarna hijau. Vitamin D ini sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan tulang. Oleh karena itu Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin D Anda. Selain itu solusi lain adalah sinar matahari di pagi hari tak lebih dari jam 9 pagi. Baca juga artikel Gaya Hidup Sehat Alami

Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga sangat berperan dalam menjaga kesehatan badan, disamping itu juga sangat baik dalam membentuk tubuh agar proporsional. Dengan rutin berolahraga merupakan saah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga otomatis tulang akan menguat serta ditambah menguatnya otot-otot pada tubuh.

Minum Susu

Imbangi berolahraga dengan minum susu, susu sapi merupakan susu yang baik untuk menjaga kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan di dalam susu terdapat kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Selain kalsium, di dalam susu juga terdapat kandungan seperti protein, vitamin D, fosfor, serta kalium yang semua berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan tubuh.

Hilangkan Kebiasaan Buruk Merokok dan Minuman Beralkohol

Kita mengetahui bahwa merokok dan minum minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan salah satunya adalah penyakit jantung dan ginjal (Baca Juga Cara Menjaga Kesehatan Ginjal). Dengan menghilangkan atau menghindari kebiasaan buruk tersebut maka kesehatan tubuh akan terjaga salah satunya adalah kesehatan tulang.

Duduk dengan Posisi yang Baik

Cara menjaga kesehatan tulang berikutnya adalah mengatur posisi duduk yang baik. Perlu Anda ketahui jika posisi duduk yang salah dapat menyebabkan pegal-pegal dan masalah tulang lainnya. Untuk posisi duduk yang benar adalah kaki harus menepak pada lantai, kemudian duduk dengan posisi tegak serta rileks. Anda harus hindari menengadahkan kepala saat duduk. Kemudian gunakanlah kursi dengan sandaran punggung hingga kepala.

Tidur dengan Kasur yang Nyaman

Salah satu penyebab yang dapat menyebabkan tulang merasa pegal adalah  posisi tidur yang salah. Biasanya posisi tiru yang salah tersebut dikarenakan kondisi kasur yang tidak nyaman. Kasur yang keras akan berpotensi menyebabkan pegal-pegal di beberapa bagian tulang. Untuk itu, Anda disarankan untuk tidur dengan kasur yang kondisinya baik.

Sebenarnya untuk menjaga tulang agar tetap sehat juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan. diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Yogurt

Selain dari paparan sinar matahari, vitamin D juga dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi yogurt. Pilihlah yogurt yang rendah lemak dan Anda dapat mengonsumsi satu cangkir untuk memenuhi kecukupan kalsium harian.

Susu

Minuman ini merupakan salah satu sumber kalsium yang mampu memenuhi kecukupan gizi harian. Jika Anda takut berat badan naik, Anda dapat memilih susu yang bebas lemak. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi susu sebanyak tiga gelas perhari untuk memenui kebutuhan kalsium harian.

Jenis Ikan Laut

Salah satu jenis ikan laut yang baik untuk menjaga kesehatan tulang adalah ikan sarden. Ikan ini mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Selain sarden, Anda juga dapat mengonsumsi ikan salmon dan ikan tuna.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tulang, banyak orang menganggap sepele kesehatan tulang namun kesehatan tulang juga perlu diperhatikan untuk menghindari bahaya penyakit. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel