Cara Mengobati Cantengan di Kuku Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Cantengan atau paronychia adalah suatu infeksi yang mempengaruhi bagian kulit sekitar kuku. Baik itu kuku jari tangan ataupun kaki. Kuku seseorang yang mengalami cantengan biasanya masuk ke dalam dan menusuk ke dalam bagian daging. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas seseorang, karena kuku yang menusuk daging tentu saja dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sekitar kuku tersebut.

Cuka sari apel

Penyebab paling umum terjadinya cantengan adalah karena terjadi cidera pada bagian kuku akibat penggunaan sepatu yang terlalu sempit, menendang sesuatu yang keras serta tumbuhnya jamur pada kuku. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengobati cantengan di kuku secara alami.

Inilah cara mengobati cantengan pada kuku

Cuka sari apel

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Kandungan yang ada di dalam cuka sari apel sangat berguna untuk penghambat infeksi pada kuku cantengan. Cara penggunaannya pun mudah yaitu campurkan cuka sari apel dengan air panas dengan takaran yang sama, setelah itu gunakan campuran bahan tersebut untuk merendam kuku yang terkena infeksi selama 30 menit.

Garam dan air hangat

Yang kedua adalah dengan menggunakan garam dan air hangat. Sama seperti cuka sari apel, garam juga memiliki sifat anti bakteri, sehingga saat Anda menggunakan bumbu dapur ini, tentu saja dapat membantu Anda untuk mengobati cantengahn. Caranya, campurkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat, setelah itu gunakan air campuran tersebut untuk merendam kuku tersebut. Selain dapat mengatasi infeksi, air garam juga dipercaya dapat menghilangkan nanah akibat cantengan.

Lemon

Cara mengobati cantengan selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Selain dapat mencerahkan wajah, kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon juga mampu menyembuhkan infeksi yang terjadi. Caranya, iris buah lemon menjadi beberapa bagian setelah itu ikat lemon yang sudah diiris pada bagian kuku yang cantengan menggunakan perban.

Minyak zaitun dan minyak pohon teh

Minyak zaitun juga memiliki sifat anti-bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada kuku cantengan. Sedangkan minyak pohon teh memiliki fungsi sebagai anti bakteri, anti jamur serta anti septik yang sangat efektif untuk mencegah infeksi. Oleh karena itu penggunaan kedua bahan alami tersebut secara bersamaan memiliki efek yang baik dalam proses penyembuhan kuku cantengan.

Pergi ke dokter

Jika kondisi cantengan yang Anda alami semakin parah, seperti pembengkakan yang terjadi lebih dari tujuh hari, adanya nanah di dekat kuku, nyeri ataupun kemerahan di dekat kuku dan mulai menyebar ke jari segeralah menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut dan agar cantengan yang Anda derita bisa cepat sembuh.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengobati cantengan di kuku secara alami.