Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat dan Alami

By Categories : Tips

Selain kuit berminyak, masalah pada kulit yang seringkali dialami hampir setiap orang adalah jerawat. Ya, jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Karena jerawat tersebut dapat membuat penampilan seseorang menjadi tdak menarik. Seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis jerawat yang seringkali muncul, seperti komedo, jerawat batu dan juga jerawat pasir. Berbeda jenis jerawat tentu saja berbeda cara mengatasinya.

jerawat pasir

Lantas apa itu jerawat pasir? Jerawat pasir adalah salah satu jenis jerawat dengan ukuran sangat kecil namun biasanya dalam jumlah yang banyak. Selain di pipi, jerawat ini juga dapat tumbuh di dahi ataupun di punggung. Biasanya, seseorang yang memiliki jerawat pasir hal yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara memencetnya. Namun tahukah Anda memencet jerawat justru dapat memperparah kondisi jerawat serta bekas jerawat yang ada akan sulit untuk dihilangkan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu mengeluarkan budget yang mahal untuk mengatasi jerawat pasir, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkannya. Nah berikut adalah cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dan alami.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami

Menggunakan beras

Yang pertama adalah dengan menggunakan beras. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masker beras adalah beras putih  1 sendok teh, bubuk kunyit dan putih telur secukupnya. Caranya, tumbuk beras putih lalu campurkan dengan bubuk kunyit dan putih telur. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata lalu oleskan pada kulit wajah yang ada jerawat pasirnya. Diamkan hingga kering kira-kira 15 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Teh hijau

Yang kedua adalah dengan menggunakan teh hijau. Selain bermanfaat untuk diet, teh hijau juga berguna untuk menghilangkan jerawat pasir. Hal ini dikarenakan teh hijau kaya akan antioksidan. Caranya gunakan ampas teh hijau  sebagai masker wajah alami untuk kulit yang terdapat jerawat pasir. Aplikasikan teh hijau tersebut selama beberapa menit hingga kering. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air dan sabun hingga bersih.

Lemon dan kopi

Cara menghilangkan jerawat pasir berikutnya adalah dengan menggunakan lemon dan kopi. Campuran antara lemon dan kopi dapat menjadi salah satu obat ampuh untuk menghilangkan jerawat pasir. Caranya campurkan kopi hitam dengan perasan air lemon. Lalu gunakan  kombinasi tersebut untuk scrubbing seluruh kulit yang berjerawat. Diamkan hingga campuran tersebut mengering lalu bilas hingga bersih.

Mentimun

Mungkin setiap orang  sudah pernah menggunakan bahan alami ini sebagai masker wajah. selain menyegarkan kulit, mentimun yang Anda gunakan juga mampu mengatasi jerawat pasir. Caranya iris tipis mentimun dan letakkan pada wajah ataupun tubuh yang berjerawat. Mentimun kaya akan zat baik yang dapat mengurangi jerawat pasir ataupun jenis jerawat lainnya.

Agar jerawat pasir tidak muncul kembali, Anda harus memperhatikan pola makan yang sehat. Beberapa makanan yang menimbulkan jerawat harus Anda hindari. Berikut diantaranya.

Makanan yang menyebabkan jerawat di wajah

Lemak

Salah satu penyebab makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan ini sangat berpengaruh menimbulkan jerawat. Selain itu, lemak berlebih juga dapat menimbulkan gula darah. Saat gula darah berfluktuatif, akan menyebabkan meningkatnya reaksi hormonal cascading sehingga dapat menutupi pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat. Lemak berlebih juga tidak baik untuk kesehatan, hal ini karena banyaknya lemak pada aliran darah akan membuat oksigen dan nutrisi yang mengalir ke sel-sel tubuh berjalan dengan lambat.

Produk susu

Makanan yang menyebabkan jerawat di wajah selanjutnya adalah produk susu. Beberapa jenis makanan yang mengandung susu di antaranya adalah cokelat keju, es krim, yoghurt, dan susu kaleng. Jika wajah Anda memiliki jerawat, mengonsumsi makanan ini justru akan membuat jerawat menjadi lebih parah. Perlu Anda ketahui jika sebagian besar produk olahan susu memiliki lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi degan jumlah yang banyak.

Gula

Jenis gula dapat memicu munculnya jerawat pada wajah Anda. Terutama pada gula pasir jika dikonsumsi berlebih maka dapat meningkatkan gula darah sehingga produksi lemak di dalam tubuh dapat meningkat. Dan seperti yang kita ketahui jika lemak merupakan salah satu penyebab jerawat menjadi lebih parah.

Kafein

Sumber kafein dapat ditemui dalam cokelat, teh, kopi, soda, dan minuman berenergi lainnya. Jika mengonsumsi kafein secara berlebihan maka tidak baik untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat mengakibatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon meningkat. Apabila tubuh Anda mengalami stres yang berlebih maka dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan kesehatan kulit Anda. Selain itu, kafein juga dapat mengganggu tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Padahal tidur merupakan hal paling penting untuk membuat tubuh menjadi fit.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat dan alami.