Cara Menghemat Uang Bulanan ala Anak Kos

By Categories : Tips

Cara menghemat uang bulanan perlu dilakukan agar dana tak membengkak. Awal bulan adalah masa-masa yang indah bagi anak kos. Ini dikarenakan pada awal bulan para anak kos menerima uang jatah bulanan dari orang tuanya. Namun bagi seorang anak yang memiliki sifat boros tentu saja uang tersebut tidak mampu bertahan hingga akhir bulan, dan menyebabkan ia akan ‘puasa’ pada akhir bulan. Nah jika Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, mulailah untuk memikirkan cara berhemat agar uang tersebut bisa mencukupi kebutuhan Anda dalam setiap bulannya. Berikut adalah beberapa cara untuk menghemat uang ala anak kos yang dapat Anda coba.

Cara Menghemat Uang Bulanan

Tips Menghemat Uang Bulanan ala Anak Kos

Belanja sesuai kebutuhan

Cara menghemat uang bulanan ala anak kos yang pertama adalah belanja sesuai kebutuhan. Seringkali para anak kos ketika mendapatkan uang kiriman dari orang tuanya mereka langsung pergi ke supermarket langganan untuk membeli kebutuhan bulanan mereka. Namun tahukah Anda hal ini justru akan membuatmu semakin boros. Ini dikarenakan saat belanja bulanan kita menganggap kebutuhan sebelumnya habis dan membutuhkan persediaan baru. Padahal persediaan sebelum masih cukup hingga pertengahan bahkan akhir bulan. Oleh karena itu, saat belanja kebutuhan bulanan pastikan Anda membuat daftar kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan, hal ini menjadi tips belanja hemat yang bisa Anda coba.

Masak makanan sendiri

Cara yang kedua adalah dengan memasak makanan sendiri. Memasak makanan sendiri dapat membuat pengeluaran Anda lebih hemat. Jika tidak memiliki waktu, Anda dapat memasak nasi saja sedangkan lauknya dapat membeli di warung. Hal ini pun berlaku untuk minuman, jika dirasa membeli minuman seperti kopi ataupun minuman lainnya mahal. Cobalah memperhitungkan dengan cara membeli dispenser. Dengan menggunakan alat tersebut ini akan memudahkan Anda untuk minum sesuai yang Anda inginkan.

Survei tempat makan

Siapa bilang kalau hemat tidak boleh makan enak? Anak kos juga tetap dapat makan enak dengan mencoba berbagai makanan di cafe atau restoran di kotamu. Namun yang paling penting adalah sebelum mengunjungi tempat makan tersebut sangat disarankan untuk mensurvei harga. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara membaca blog-blog atau menanyakan secara langsung kepada teman yang pernah ke sana.

Mencuci baju sendiri

Cara menghemat uang bulanan ala anak kos selanjutnya adalah dengan cara mencuci baju sendiri. Terkadang ada juga anak kos yang malas mencuci baju mereka sendiri. Jika Anda mengandalkan tukang laundry setidaknya Anda harus menyediakan uang 100 ribu untuk membayarnya. Uang tersebut tentu saja lumayan untuk tambahan budget makan dalam setiap harinya.

Menjadi lebih produktif

Menjadi lebih produktif merupakan cara menghemat uang yang dapat Anda lakukan berikutnya. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan cara mengikuti berbagai UKM atau organisai yang ada di kampus Anda. Selain dapat menghemat uang, cara ini juga dapat memperluas wawasan Anda tentang berbisnis yang baik dan benar.

Nah itulah beberapa cara menghemat uang ala anak kos yang dapat Anda coba. Baca juga artikel mengenai Tips liburan hemat.

terms: daftar belanja bulanan anak kos