Cara Mengatasi Play Store yang Sering Eror

By Categories : Teknologi

Play store merupakan toko resmi Android yang menyediakan berbagai aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna mulai dari aplikasi game, aplikasi edukasi, aplikasi keuangan, dan berbagai macam aplikasi lain. Dengan mengunduh aplikasi melalui Play store pengguna tanpa perlu takut lagi akan ancaman virus, malware, atau sejenisnya. Pasalnya Google sendiri telah melakukan pemeriksaan melalui beberapa tahap sebelum resmi tersedia di Play store.Play Store yang Sering Eror

Untuk proses pencarian aplikasi juga cenderung mudah, karena pengguna Android tinggal mencari aplikasi yang mereka butuhkan atau bisa juga mencari berdasarkan kategori. Dengan segala kemudahannya tersebut Play store terkadang juga mengalami beberapa permasalahan seperti eror yang mengakibatkan tidak bisa mencari atau mengunduh aplikasi. Ketika Play store eror, Anda tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara mengatasi Play store yang sering eror yang dapat Anda ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Cara Mengatasi Play Store yang Sering Eror

  • Sebelum mengetahui bagaimana saja cara mengatasi Play Store, alangkah baiknya jika mengetahui apa saja masalah yang menjadi penyebab Play Store yang sering eror. Penyebab Play Store yang sering eror :
  • Koneksi internet yang cenderung lambat menjadi salah satu penyebab kenapa play store mengalami eror. Dengan koneksi internet yang terganggu, play store biasanya tidak dapat menampilkan berbagai menu di dalamnya termasuk juga pencarian aplikasi. Baca Aplikasi Video Call untuk Laptop/PC Terbaik
  • Terlalu banyak cache yang belum dibersihkan. Penyebab berikutnya adalah cache yang terlalu banyak, akan tetapi belum dibersihkan. Cache merupakan file sementara yang dihasilkan oleh setiap aplikasi yang telah digunakan. Dengan menumpuknya cache pada aplikasi dapat membuat aplikasi tersebut eror dan bekerja lambat.
  • Penyimpanan tidak cukup. Jika terdapat peringatan “insufficient storage available” menunjukkan bahwa kapasitas ruang penyimpanan tidak cukup dalam menampung aplikasi baru yang akan Anda unduh dan install melalui Playstore. Sementara untuk cara mengatasinya sebagai berikut :

Cara Mengatasi Play Store yang Sering Eror

  • Membersihkan cache. Cara mengatasi Play store yang pertama adalah dengan membersihkan cache yang terdapat pada aplikasi Play store. Untuk cara membersihkannya masuk ke Pengaturan – Pilih Aplikasi Play Store – Clear Cache – Clear Data. Setelah membersihkan cache, coba buka kembali aplikasi Play store.
  • Restart koneksi smartphone. Cara mengatasi berikutnya adalah dengan melakukan restart pada koneksi smartphone. Seperti pada penjelasan di atas bawah salah satu penyebab Play store adalah koneksi internet yang tidak lancar. Untuk mengatasinya ubah koneksi ke dalam mode pesawat setelah itu aktifkan kembali.
  • Dengan cara “Uninstal Update”. Untuk cara yang satu ini masuk ke Pengaturan – Aplikasi – Pilih Aplikasi Play Store – Kemudian Pilih Uninstal Update. Cara ini akan membuat aplikasi Play Store akan kembali lagi ke versi awal tepat ketika Anda pertama kali menggunakan smartphone tersebut.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi play store sering eror yang dapat Anda coba lakukan. Baca Juga Aplikasi Edit Video di iPhone, iPod dan iPad

terms: penyebab play store eror