Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

By Categories : Kesehatan

Musim pancaroba seperti sekarang ini memang sangat rawan dengan penyakit yang satu ini yaitu penyakit flu atau influenza.  Influenza atau yang lebih dikenal penyakit flu ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang alat pernapasan seperti hidung, tenggorokan , dan paru-paru. Penyakit flu ini merupakan penyakit yang mudah menular dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara seperti dengan cara kontak langsung, batuk dan bersin-bersin. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin mengalami penyakit ini perlunya untuk berhati-hati agar tidal mudah tertular virus ini. Adapun jenis virus yang menyebabkan penyakit flu adalah virus RNA yang masihd alam famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Biasnya jika seseorang telah terserang irus ini akan merasakan gejala seperti badan menggigil, tenggorokan terasa gatal, nyeri otot, sakit kepala, mudah lelah, batuk dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

Nah bagi Anda yang telah merasakan gejala serupa, penting bagi Anda untuk segara mengatasinya. Meskipun penyakit flu bukanlah penyakit yang berbahaya, tapi jika dibiarkan justru dapat menjadi penyebab utama penyakit serius lainnya. Berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai cara mengatasi penyakit flu secara atau pilek secara alami. Penasaran ingin tahu caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini!

Inilah Cara Mengatasi Flu atau Pilek Secara Alami

Yogurt

Makanan ini selain tinggi akan kandungan protein ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit flu. Hal ini dikarenakan yogurt memiliki kandungan probiotik yang dimana sudah sejak dulu dipercaya ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt juga sangat efektif mencegah infeksi saluran pernapasan seperti flu atau pilek,. Selain itu juga mengurangi tingkat keparahan dari gejala flu.

Bawang putih

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini yaitu bawang putih. Tanaman yang dikenal dengan bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit flu atau pilek. Bawang putih memang merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan sebagai cara untuk mengatasi flu. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan quwrcetin yang dimana dapat menekan rhinovirus yang menjadi sumber penyebab penyakit flu atau pilek. Selain itu, bawang putih juga bersifat antiviral dan antibakteri yang dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat sepanjang hari.

Teh Hijau

Green tea atau yang lebih dikenal dengan teh hijau ini juga merupakan salah satu bahan yang banyak dimanfaatkan sebagai cara mengatasi flu. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan katein yang dimana sangat berpotensi mencegah dan mengobati penyakit flu. Katein itu sendiri merupakan senyawa yang bertanggung jawab menghambat aktivitas adenovirus dan virus influenza tertentu yang ebrsarang dalam tubuh.

Minyak Kayu Putih

Selain dapat menghangatkan tubuh, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengatasi flu atau pilek. Caranya cukup oleskan minyak kayu putih di dekat lubang hidung, leher, dan dada anda. Aroma segar dari minyak kayu putih dapat membuat pernapasan menjadi lega.

Air Hangat

Pada saat anda terkena flu atau pilek usahakan jangan mandi menggunakan air dingin, sebaiknya anda mandi menggunakan air hangat saja agar tubuh anda  menjadi tetap hangat dan nyaman.

Cabai

Cabai merupakan obat yang cukup ampuh untuk mengobati flu atau pilek. Hal itu karena cabai mengandung zat capsaicin yang terbukti ampuh membersihkan rongga hidung sehingga hidung tidak akan tersumbat. Ketika flu mulai menyerang, cobalah anda konsumsi makanan yang mengandung cabai atau lada. Namun, perlu diingat jangan mengonsumsi cabai terlalu banyak karena dapat menyebabkan perut menjadi sakit dan diare.

Campuran Madu Dan Jahe

Madu dan jahe merupakan dua bahan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati flu atau pilek. Caranya ambil 2 ruas jahe dan perut sampai halus, lalu campurkan dengan madu dan makan secara rutin 3 kali sehari. Dengan melakukan pengobatan alami tersebut ssecara rutin maka flu dapat sembuh dengan cepat.

Buah Dan Sayuran

Selain lezat dimakan, buah dan sayuran juga kaya akan manfaat. Ketika tubuh anda sedang melemah maka otomatis sistem kekebalan tubuh juga ikut melemah. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah dan sayur mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah terseraang berbagai penyakit.

Minum Air Putih

Air putih memiliki segudang manfaat diantaranya mampu mengobati flu. Usahakan anda mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Hal tersebut dilakukan agar tenggorokan dapat bersih dari bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan flu

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi flu atau pilek secara alami yangd apat Anda ketahui.

Baca juga Mengatasi Masuk Angin Secara Alami.