Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

By Categories : Kesehatan

Ketika saat berpuasa umat muslim wajib namanya untuk menjalankan ibadah puasa. Sebagai umat muslim menjalankan ibadah puasa perlu namanya untuk memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi saat berbuka puasa maupun saat sahur. Makanan yang dikonsumsi sangat berperan penting untuk mendukung ibadah puasa dapat berjalan lancar. Pasalnya ketika salah mengonsumsi makanan saat berbuka maupun saat sahur akan mempengaruhi ketika sedang menjalankan puasa.

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Secara fisik permasalahan saat puasa sering terjadi pada seseorang yang menjalankannya. Hal tersebut memang wajar, namun dengan mengetahui tips dan cara maka dapat diminimalisir agar tidak terjadi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Tentu Anda tidak ingin terjadi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa. Terdapat beberapa tips untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering, seperti pada pembahasannya di bawah ini

Berikut Cara Mengatasi Bibir Kering saat Berpuasa

  • Berhenti Merokok pada Saat Berbuka dan Sahur

Bagi Anda perokok sebaiknya hentikan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh meski dalam jangka waktu lama. Merokok ternyata dapat menyebabkan efek bibir menjadi kering dan pecah-pecah setelah sahur, apalagi berpuasa membutuhkan waktu cukup lama sampai tiba waktunya untuk berbuka.

  • Pemperbanyak Minum ketika Berbuka dan Sahur

Cara mengatasi bibir kering saat puasa yang kedua adalah dengan memperbanyak minum air putih di saat sahur. Secara umum minum air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari, apalagi jika pada saat berpuasa. Untuk itu cobalah memperbanyak minum air putih saat berbuka dan sahur paling tidak 8 gelas sehari. Dengan mencukupi cairan pada tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan bibir kering.

  • Menghilangkan dengan Menggunakan Scrub Alami

Mengatasi bibir kering yang ketiga adalah dengan menggunakan scrub alami. Yang dimaksud scrub alami adalah gula yang dicampur dengan menggunakan campuran petroleum jelly. Setelah tercampur Anda dapat mengoleskan campuran tersebut pada bibir dengan menggunakan air hangat agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Lakukan cara ini ketika sahur.

  • Menggunakan Lip Balm

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan lip balm. Untuk mengatasi dan menghindari bibir kering, Anda dapat menggunakan lip balm sebelum keluar rumah. Cara ini cukup efektif untuk mengatasinya. Gunakan lip balm atau lip ice yang mengandung vitamin E supaya bibir tetap terlindungi.

  • Jangan Menjilat Bibir

Kebiasaan ini biasanya masih dilakukan kebanyakan orang agar bibir tidak terlihat kering. Tanpa disadari hal ini justru membuat bibir semakin terlihat kering. Oleh karena itu sebaiknya hindari menjilat bibir dengan lidah ataupun menggigit bibir jika tidak ingin terlihat semakin kering.

Selain cara-cara di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi buah agar mendapatkan asupan vitamin. Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi bibir kering saat puasa yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Tips sehat berpuasa bagi penderita maag.