Cara Mendidik Anak Usia Dini

By Categories : Tips

Anak merupakan aset yang paling berharga yang dimiliki oleh semua orang tua. Kebanyakan dari orang tua tentu saja menginginkan anaknya dapat tumbuh dengan baik sesuai dengan hakikatnya. Nah ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebagai orang tua untuk dapat mendidik anaknya menjadi seorang yang berguna. Cara mendidik anak usia  dini adalah cara yang paling efektif,  dengan memberikan bimbingan serta arahan yang baik dan tepat agar kelak ia menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia sebagaimana orang tua inginkan ketika anak mulai beranjak dewasa.

Usia dini merupakan masa-masa yang paling kritis bagi perkembangan otak anak. Seperti pepatah otak anak pada saat itu ibarat kertas kosong yang harus dipenuhi dengan hal-hal yang baik dan benar. Selain itu pada saat inilah anak akan mengalami masa keemasan dimana perkembangan otek anak memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru dengan lebih cepat. Maka oleh karena itu Anda sebagai orang tua jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi anak-anak Anda.

Cara Mendidik Anak Usia Dini

Nah berkaitan dengan mendidik anak, berikut ini akan kami jelaskan cara mendidik anak usia dini. Dalam hal ini memang banyak metode yang digunakan dan memiliki tingkat kesuksesan dari setiap metode atau cara yang digunakan. Selain itu hasil juga tergantung dari tingkat efektifan masing-masing orang tua dalam memberikan kontribusi kepada anaknya. Nah berrikut adalah cara mendidik anak sejak dini yang secara umum banyak digunakan oleh orang tua. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Inilah Cara Mendidik Anak Sejak Dini

Bersikap Lembut dan Berikan Kasih Sayang Tulus
Cara mendidik anak usia dini yang pertama adalah dengan cara bersikap lembut dan berikan kasih sayang yang tulus. Hal ini memang sangat penting dilakukan oleh orang tua kepada anaknya terutama ketika masih usia dini. Karena anak akan mendengar dan mengikutika perkataan dari orang tuanya. Selain itu orang tua juga harus meberika kasih sayang yang tulus kepada anaknya, dengan selalu memperhatikan dan memberikan kenyamanan akan menjadikan penyemangat dalam jiwa sang anak dalam melakukan hal-hal yang baik.

Menjadi Pendengar yang Baik
Momen yang seperti ini memang momen yang sangat kritis bagi anak yang mulai mengenal lingkungan sekitar. Biasanya tidak jarang anak sering bertanya ataupun mengeluh dengan lingkungan sekitar yang baru mereka kenal. Nah sebagai orang tua berusaha menjadi pendengar mereka yang baik dan serta juga memberikan pengertian dan dukungan yang positif kepada anak. Maka dengan begitu anak akan berkembang dengan jauh lebih baik dilingkungannya.

Menghindari Kata “ Jangan”
Cara mendidik anak usia dini yang terakhir adalah menghindari kata “ jangan”. Biasanya hal ini memang sangat jarang disadari oleh kebanyakan orang tua bahwa ini merupakan kata negatif yang disampaikan pada anak. Contohnya “ jangan berlari” mungkin tujuan orang tua menginginkan untuk berhati-hati. Nah untuk kata positifnya lebih baik menggunakan kata” pelan-pelan saja”, “ berjalan saja” dan ain sebagainya.

Baca juga artikel terkait lainnya Makanan Penambah Berat Badan Anak