Cara Mencegah Obesitas di Usia Remaja

By Categories : Kesehatan

Obesitas merupakan kondisi di mana tubuh seseorang mengalami penumpukan lemak. Jika hal ini diabaikan, obesitas dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh salah satunya yaitu kolesterol, serangan jantung hingga gagal ginjal. Pada umumnya ada beberapa faktor yang menyebabkan obesitas yaitu faktor keturunan atau genetik, kurangnya melakukan aktivitas fisik, sering mengonsumsi makanan cepat saji dan juga minuman berkarbonasi.

Cara Mencegah Obesitas di Usia Remaja

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang. Karena seperti yang Anda ketahui makanan merupakan komponen utama yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika di keluarga Anda ada salah satu anggota keluarga yang mengalami obesitas, Anda harus waspada karena faktor keturunan tidak bisa diubah melainkan hanya bisa dicegah. Berikut adalah cara mencegah obesitas diusia remaja.

Cara Mencegah Obesitas yang Wajib Anda Ketahui

Merubah Pola Makan

Untuk menurunkan berat badan, tidak perlu melakukan diet ketat. Karena diet yang terlalu ekstrim dapat memicu terjadinya penyakit psikologis yaitu anorexia. Di mana penyakit tersebut hanya fokus dengan penurunan berat badan tanpa memikirkan masalah kesehatan yang akan ditimbulkan. Saat berdiet Anda hanya perlu mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Anda dapat memilih makanan yang sehat seperti mengonsumsi buah serta sayur.

Berolahraga Secara Teratur

Cara mencegah obesitas yang kedua adalah dengan cara berolahraga secara teratur. Mulailah untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari untuk membakar lemak yang berlebih dalam tubuh Anda. Salah satu olahraga tepat yang dapat Anda coba adalah aerobik, senam, berjalan kaki, bersepeda ataupun berenang. Namun jika Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga, Anda dapat memanfaatkan tangga naik turun untuk membakar kalori yang berlebih.

Mengonsumsi Buah dan Sayur

Seperti yang Anda ketahui, makanan merupakan komponen utama untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Maka dari itu mulailah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mineral serta serat untuk menjaga kesehatan Anda. Kandungan serat pada buah dan sayur dapat membantu Anda untuk melancarkan pencernaan. Sehingga perut Anda terasa ringan dan tidak buncit setiap harinya.

Minum Air Putih

Air putih tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi haus saja. mengonsumsi air putih secara teratur setiap harinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Mulailah untuk mengonsumsi 8 gelas atau 2 liter per hari agar metabolisme tubuh lancar. Metabolisme tubuh yang lancar dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang tidak berguna bagi tubuh salah satunya yaitu kolesterol LDL atau lemak jahat.

Nah itulah beberapa cara mencegah obesitas di usia remaja yang dapat Anda lakukan. Baca juga artikel tentang Manfaat daun binahong untuk kesehatan.