Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

By Categories : Umum

Permasalahan yang sering terjadi pada pengguna laptop biasanya kalau tidak lemot dan baterai nge-drop. Padahal terdapat cara mempercepat kinerja laptop dengan melakukan perawatan secara baik dan benar. Hal tersebut bukanlah hal yang susah, mengingat sudah tersedia beberapa aplikasi bawaan atau aplikasi eksternal yang bertujuan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja dari laptop. (Baca Juga Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar).

Bagi orang awam cara mempercepat kinerja laptop mungkin masih menjadi permasalahan yang membingungkan. Lalu bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan kinerja laptop? Nah bagi Anda yang belum mengetahui silahkan simak ulasan di bawah ini!

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot

Menggunakan Aplikasi Pembersih atau Cleaner

Aplikasi ini memang disediakan untuk membantu laptop Anda dalam membersihkan file sampah saat setelah penggunaan. Cara pemakaian aplikasi ini cukup mudah dan sederhana, apalagi di internet sudah banyak situs penyedia aplikasi gratis. Oleh sebab itu biasakan ketika setelah menggunakan laptop, langsung membersihkannya dengan menggunakan aplikasi pembersih untuk meningkatkan kinerja laptop dan menghindari penumpukan file sampah.

Disk Clean Up Hardisk

Disk Clean Up hardisk juga diperlukan untuk membersihkan file registry, cookies, dan juga cache. Biasanya setelah pemakaian berlangsung seperti browsing atau juga kegiatan lain terdapat registry, cache dan cookies. Untuk menghilangkan itu semua Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan seperti Disk Clean Up Hardisk. Karena jika dibiarkan dapat menumpuk pada hardisk dan mengakibatkan kinerja laptop kurang maksimal dan cenderung menurun.

Mematikan Aplikasi yang Kurang Penting

Menutup aplikasi yang tidak penting menjadi cara berikutnya yang dapat Anda lakukan. Ketika Anda sedang menggunakan laptop silahkan cek aplikasi sedang berjalan dan sebaiknya tutup aplikasi yang tidak penting dengan cara masuk ke Windows Task Manager, dan kemudian pilih aplikasi yang tidak digunakan dan klik “End Task”.

Defragment pada Hardisk

Mungkin banyak orang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari defrag hardisk. Defrag hardisk ini bukan membersihkan file sampah yang ada pada laptop, melainkan menata ulang berkas yang ada pada hardisk agar laptop dapat mudah membaca ketika digunakan, sehingga kinerja laptop dapat maksimal. Untuk melakukan defrag yang baik lakukan sebulan sekali atau juga 2 minggu sekali. Anda dapat menggunakan disk defragment yang ada pada sistem operasi Windows.

Menghapus Recent Places

Recent Places atau juga histori saat menggunakan laptop juga mempengaruhi kinerja dari laptop. Namun hal tersebut dapat dibersihkan dengan cara mengapusnya. Biasanya klik kanan lalu pilih hapus.

Meminimalkan Start Up

Aplikasi yang tidak begitu penting akan menambah beban yang ada ketika proses laptop sedang menyala pada awal (start up). Untuk mengatasi dan menghilangkan aplikasi yang kurang penting Anda dapat masuk ke Task Manager dan klik disable pada aplikasi yang kurang begitu penting. Dengan begitu saat komputer menyala tidak terlalu terbebani dengan adanya aplikasi yang kurang penting.

Itulah beberapa Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot, baca juga artikel terkait lainnya Android Quad Core Murah dari Advan

terms: cara mempercepat kinerja laptop, cara mempercepat laptop, cara mempercepat laptop yang lemot