Cara Membuat Puisi yang Baik dan Menarik

By Categories : Tips

Setelah membahas mengenai beberapa cara menulis cerpen yang menarik, pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa cara membuat puisi yang baik dan menarik. Tidak semua orang pandai dalam membuat puisi. Bagi mereka yang terbiasa membuat puisi pasti cukup mudah dalam membuatnya. Sedangkan bagi mereka yang belum biasa membuat puisi mungkin akan merasa sulit.

Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat suatu puisi yang menarik. Dengan menulis puisi dapat membantu seseorang untuk meningkatkan gaya bahasa. Dengan latihan yang terus dilakukan dan mengetahui hal yang perlu diperhatikan maka ketrampilan dalam menulis puisi akan terlatih. Di bawah ini terdapat beberapa cara dalam membuat puisi yang menarik, Bagaimana saja caranya? Ikuti pembahasannya di bawah ini!

Cara Membuat Puisi

Berikut Cara Membuat Puisi yang Baik dan Menarik

Memilih Tema yang Disukai

Cara membuat puisi yang baik dan menarik pertama adalah dengan menentukan tema disukai terlebih dahulu. Pilihlah tema yang kiranya Anda sukai, terdapat banyak informasi dan rasa senang ketika Anda mendengarnya. Sebagai contoh puisi dengan tema alam, maka dari tema tersebut Anda dapat memilih juga sub tema di dalamnya seperti indah, suasana sejuk, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan alam sekitar.

Memilih Kata yang Tepat

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan pemilihan kata yang tepat. Gunakan kata-kata yang tepat dengan sering berlatih, sehingga mendapatkan pemilihan kata yang baik. Dengan pemilihan kata yang benar maka akan menghasilkan sebuah puisi yang enak di baca, sehingga pembaca akan mengetahui makna dari puisi tersebut.

Membangun Suasana yang Tepat

Cara membuat puisi yang baik dan menarik ketiga adalah dengan membangun suasana yang tepat. Dengan membangun suasana akan menjadi nilai lebih dalam membuat puisi. Anda dapat menggunakan teknik sinonim, metafora, dan juga deskriptif. Untuk teknik sinonim menemukan persamaan kata seperti bahagia sama halnya dengan gembira, riang, ataupun senang.

Untuk metafora misal kata bahgia menemukan makna yang sama dengan fenomena alam seperti bunga mekar, cahaya yang cerah, rembulan purnama, dan banyak lagi. Sedangkan untuk deskriptif merupakan gambaran dari suasana yang ingin dibuat sebagai puisi.

Membuat dengan Perasaan

Puisi yang baik dan menarik biasanya akan memberikan sebuah kesan tersendiri bagi para pembacanya. Biasanya pembaca akan tertarik dengan puisi yang penuh makna. Dengan membaca puisi yang penuh makna pembaca akan mengetahui dan juga merasakan kondisi dan suasana hati si pembuat puisi. Oleh sebab itu tak heran jika banyak puisi yang memiliki makna mendalam.

Menentukan Target

Yang terakhir adalah dengan menentukan target si pembaca. Dengan mengetahui target pendengar puisi maka sangat membantu Anda dalam memilih pemilihan bahasa, gaya, serta kata yang akan digunakan dalam pembuatan puisi. Oleh sebab itu ketika akan membuat puisi pilihlah target pembaca agar dalam pembuatannya lebih mudah.

Demikian tadi beberapa cara membuat puisi yang baik dan menarik. Dalam membuat puisi membutuhkan kreativitas masing-masing para penulis. Baca Juga Cara Membuat Artikel yang Menarik

terms: hal hal apa sajakah yg membuat pembaca tertarik pada sebuah puisi