Cara Membuat Kolam Ikan Koi yang Baik

By Categories : Tips

Seperti yang Anda ketahui ikan koi (Cyprinus Carpio) adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dipelihara di Indonesia. Tubuhnya yang indah dengan corak yang khas membuat ikan koi dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya. Tak hanya itu saja, ikan koi juga memiliki kemampuan berenang yang yang lincah. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat kolam ikan koi yang baik, Anda harus mengetahui karakteristik mengenai ikan koi itu sendiri. Beberapa karakteristik ikan koi antara lain:

Cara Membuat Kolam Ikan Koi yang Baik

  • Ikan koi menyukai air bersuhu hangat daripada dingin
  • Ikan koi menyukai kolam berarus
  • Ikan koi sangat senang menggosokkan tubuhnya di pinggir dan dasar kolam
  • Ikan koi juga memerlukan cahaya matahari untuk menjaga keindahan sisiknya, serta
  • Ikan koi membutuhkan oksigen yang melimpah.

Karakteristik tersebut dapat membantu Anda untuk membuat kolam ikan koi yang baik. Hal inipun sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ikan koi. Lalu bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Berikut cara membuat kolam ikan koi yang baik

Pemilihan lokasi

Pada umumnya, pemilihan lokasi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kolam outdoor dan indoor. Jika Anda akan membuat kolam outdoor atau luar ruangan,  tentu saja kolam tersebut akan mendapatkan sinar matahari yang terlalu banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui teknik tertentu agar sinar matahari tersebut tidak  membuat suhu kolam terlalu panas. Sedangkan jika Anda ingin membuat kolam indoor atau dalam ruangan, pastinya kolam yang Anda buat akan mendapatkan sinar matahari yang sedikit. Sehingga ini akan membuat suhu air kolam menjadi dingin, oleh karena itu sangat penting sekali mengetahui teknik agar suhu kolam tetap normal.

Penentuan ukuran kolam

Yang kedua adalah menentukan ukuran kolam. Banyak orang yang berfikir bahwa membuat ukuran dan kedalam ikan koi yang sempit dan dangkal dapat membuatnya lebih mudah dilihat. Akan tetapi kondisi yang satu ini tentu saja akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan koi. Adapun kedalaman kolam ikan koi yang ideal adalah 1 meter untuk ikan koi yang berukuran kurang dari 30 cm. Sedangkan kedalaman kolam 1 hingga 1,5 meter cocok untuk ikan koi yang berukuran 30 hingga 40 cm.

Sudut dan dasar kolam

Cara selanjutnya adalah memperhatikan sudut dan dasar kolam. Sebaiknya bagian pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarilah membentuk sudut 90 derajat. Hal ini berguna untuk menghindarkan area mati. Tak hanya itu saja, bagian dasar sebaiknya pun jangan dibuat rata, buatlah bagian tengah lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 hingga 40 derajat. Hal ini sangat berguna agar kotoran ikan dan sisa makanan dapat terkumpul dan mengendap di bagian dasar kolam. Dengan model yang seperti ini tentu saja dapat membuat kotoran tersebut lebih mudah dibersihkan.

Sistem filtrasi

Sama seperti dengan ikan lainnya, kolam ikan koi pun sangat membutuhkan filtasi untuk menjaga kebersihan air kolam dan menghasilkan oksigen. Pada saat membuat kolam ikan hias yang satu ini, pastikan Anda membuat dua macam saluran, yaitu saluran air bersih dan air kotor. Selain filtrasi, kolam jiga sangat membutuhkan aerator yang berguna untuk menciptakan gelembung-gelembung udara yang mampu menambah kadar oksigen dalam air.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat kolam ikan koi yang baik. Baca juga  cara merawat ikan arwana di aquarium,

terms: bagaimana cara membuat kolam yang baik