Bumbu Ikan Bakar Pedas dengan Oven

By Categories : Makanan

Bumbu ikan bakar pedas dengan Oven sudah tentu akan menggugah selera makan anda. Cara memasak yang simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama tentu adalah nilai tambah tersendiri. Sayangnya banyak anggapan membuat ikan bakar itu susah, pasalnya membutuhkan arang. Bagi anda yang tidak memiliki arang, anda bisa menggunakan oven anda. Bagaimana caranya, simak tips di bawah ini.

bumbu ikan bakar pedas dengan oven

Bahan-bahan yang perlu disiapkan.
Aluminium foil
2 Ekor ikan ukuran sedang, jenis ikan bisa disesuaikan dengan selera anda.
5 Sendok makan Kecap manis
Mentega secukupnya
3 Sendok makan Minyak goreng
1 Sendok makan air jeruk nipis
1 Sendok makan air asam jawa

Bumbu halus
5 Buah Cabe Merah Besar
5 Buah Cabe Rawit Merah
10 Butir Bawang merah
6 Butir Bawang putih
1 Sendok makan Ketumbar
1 ruas Jahe
Garam secukupnya

Bahan untuk Saos sambal kecap
5 sendok makan Kecap manis
5 Buah Cabe rawit merah
4 Buah Cabe rawit hijau
3 Butir Bawang merah
1 Buah Tomat
1 Sendok the air jeruk nipis

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Bersihkan ikan, buang semua isi perut dan kerat-kerat seluruh bagian tubuhnya. Cuci bersih.
  • Letakkan ikan ke dalam wadah yang bersih, kemudian lumuri seluruh tubuh ikan dengan perasan air jeruk nipis supaya amis hilang. Diamkan kurang lebih 15menit.
  • Haluskan semua bumbu halus, dan tumis dengan minyak goreng hingga berbau harum, tambahkan kecap manis serta air asam jawa, aduk rata dan angkat.
  • Setelah ikan selesai didiamkan selama 15menit, lumuri seluruh tubuh ikan dengan bumbu tumisan dan sisihkan kembali kurang lebih selama 10menit.
  • Ambil aluminium online slots foil, lumuri bagian dalam aluminium foil dengan mentega seluas tubuh ikan dua sisi. Letakkan ikan dalam aluminum oil, lumuri dengan bumbu tumisan yang tersisa, dan bungkus dengan rapat.
  • Panaskan oven dengan suhu 180derajat. Setelah panas oven merata, bakar ikan selama 30menit, atau bisa dibakar dengan tingkat kematangan sesuai selera anda.
  • Sementara ikan dibakar, lanjutkan dengan membuat sambal kecap. Potong kecil-kecil semua bahan sambal kecap yang sudah disiapkan, tuang semua ke dalam wadah mangkuk dan campur dengan kecap serta jeruk nipis. Sambal kecap sudah siap untuk disantap bersama dengan ikan yang lezat.

Penggunaan aluminum foil sangat baik untuk menjaga agar vitamin ikan tidak terbakar keluar, serta membuat bumbu ikan bakar yang ada menjadi lebih meresap dan tentunya membuat rasa ikan bakar anda lebih lezat. Membuat ikan bakar dengan memanfaatkan aluminium foil juga dinilai jauh lebih sehat karena menghindarkan makanan terkena arang yang konon dapat memicu terjadinya sel kanker. Kini dengan alternative membuat ikan bakar tanpa membutuhkan arang, diharapkan membuat hidup anda, terutama para ibu rumah tangga menjadi jauh lebih mudah dan simpel.

terms: resep ikan panggang oven, ikan panggang oven, resep ikan panggang oven listrik, resep ikan bakar oven, ikan bakar oven