Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi

By Categories : Makanan

Zat antioksidan sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Zat tersebut berfungsi dalam mencegah serta memperlambat kerusakan yang terjadi pada sel-sel tubuh. Kerusakan tersebut disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan yang terjadi pada sel tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung sampai dengan kanker. Namun dengan adanya sumber vitamin yang berasal dari buah-buahan, Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab dari berbagai buah diantaranya mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Untuk mengupas lebih lanjut lagi mengenai apa saja buah yang mengandung antioksidan tinggi, simak ulasannya di bawah ini!

Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Berikut Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Anggur Merah

Anggur merah mengandung antioksidan tinggi berupa flavonoid dan antosianin. Selain itu buah anggur merah juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti zat besi, selenium, fosfor, magnesium, kalium, dan juga kalsium. Anggur merah bermanfaat dalam menangkal radikal bebas serta rendah kalori, sehingga dapat Anda jadikan sebagai buah untuk diet.

Stroberi

Buah yang mengandung antioksidan tinggi berikutnya adalah stroberi. Selain rasanya asam manis, buah stroberi juga mengandung konsentrasi antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan di dalam buah stroberi bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, melawan pertumbuhan sel kanker, melawan kolesterol jahat, serta menurunkan resiko penyakit jantung. Selain kandungan antioksidan, buah stroberi juga mengandung asaam folat yang baik untuk kesehatan janin.

Blueberry

Blueberry mengandung mineral dan sejumlah vitamin termasuk zat antioksidan tinggi. Dengan mengonsumsi buah blueberry atau mengolahnya menjadi jus bermafaat dalam mengurangi resiko kanker, mencegah kerusakan pada otak, serta membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan yang terdapat pada buah blueberry seperti mangan, mineral, zat besi, kalium, seng, vitamin E, vitamin K, antisinin, dan juga vitamin C.

Raspberry

Sama seperti buah berry lainnya, raspberry juga kaya akan antioksidan. Rasanya asam menandakan bahwa buah ini mengandung vitamin C tinggi. beberapa penelitian menyatakan bahwa buah ini cukup aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Manfaat dari buah raspberry seperti melancarkan pencernaan, mencegah terjadinya penyakit jantung, mencegah terjadinya penuaan dini, serta kaya akan antioksidan.

Buah Cherry

Buah cherry memiliki rasa asam dan manis yang kaya akan nutrisi. Cerry juga kaya akan vitamin C yang berperan dalam membantu mengatur tekanan di dalam darah. Beta karoten yang terdapat dalam buah cherry juga berperan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi buah cherry secara terarut membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga mengurangi resiko serangan penyakit seperti flu.

Kurma

Buah kurma pastinya sudah dikenal banyak masyarakat, mengingat buah ini berasal dari Timur Tengah. Buah kurma mengandung magnesium, seng, fosfor, vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, vitamin A, serta nutrisi penting lainnya. Mengonsumsi buah kurma membantu menangkal radikal bebas, melindungi tubuh dari infeksi, anti-inflamasi, serta sebagai sumber energi.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai buah yang mengandung antioksidan tinggi. Untuk buah lainnya yang kaya akan antioksidan seperti alpukat, kismis, dan juga blackberry.

Loading...