Biografi Iko Uwais, Sopir Truk yang Menjadi Aktor Film Laga

By Categories : Entertainment

Pria berdarah Betawi ini memiliki nama lengkap Uwais Qorny atau dikenal dengan nama Iko Uwais. Ia merupakan aktor laga dan merupakan atlet pencak silat Indonesia. Pria kelahiran Jakarta, 12 Februari 1983 ini mengawali karirnya di dunia pencak silat.

Banyak prestasi yang sudah ia peroleh di dunia bela diri yang ditekuninya lebih dari 10 tahun ini. Pada gelaran Turnamen Silat Provinsi DKI Jakarta tahun 2003, Iko berhasil menjadi juara ke tiga. Kemudian pada 2005 Iko kembali menjadi juara. Dalam kejuaraan silat tersebut, Iko juara dalam kategori demonstrasi. Selain di dalam negeri, ia juga pernah mengikuti event pencak silat internasional seperti Rusia, Inggris, Laos, Kamboja, dan Perancis.

Biografi Iko Uwais

Selain menekuni bela diri, Iko juga sempat aktif menjadi pemain sepak bola di salah satu klu di Indonesia dan berposisi sebagai gelandang. Namun karena pihak klub mengalami kebangkrutan akhirnya Iko memutuskan diri untuk fokus ke dunia pencak silat.

Di tengah aktivitasnya sebagai atlet silat, Iko juga pernah bekerja sebagai sopir truk di salah satu perusahaan provider. Hal ini dilakukan iko sebagai usahanya untuk mencari uang. Namun, keberuntungan berpihak pada Iko. Semua bermula saat kunjungan Gareth Evans yang merupakan sutradara asal Wales pergi ke tempat latihan Iko untuk membuat film dokumenter tentang pencak silat. Saat itu Garet sangat tertarik dengan profil Iko, menurutnya Iko memiliki kharisma alami yang kuat di depan kamera.

Hubungan itu akhirnya berlanjut hingga kemudian Iko menjadi pemeran utama film Merantau pada tahun 2009.  Kemudian dilanjutkan membintangi film The Raid pada tahun 2012. Saat itu pula nama Iko Uwais menjadi sorotan penonton hingga ke ajang internasional. Film The Raid dipertontonkan pertama kali di Festival Film Internasional Toronto pada 2011. Kemudian pada 22 Maret 2012 dirilis di Australia dan Selandia Baru. Film ini mendapat banyak apresiasi oleh penonton dalam dan luar negeri. Aktor film laga ini juga membintangi dilm Man of Tai Chi pada 2013. Film ini disutradarai oleh Keanu Reeves.

Sukses dengan film The Raid, sutradara Gareth kembali menghadirkan sekuel film tersebut dengan judul The Raid 2: Berandal yang menceritakan tentang beberapa jam setelah kejadian terakhir The Raid.

Seiring dengan kesuksesannya di dunia film laga, kehidupa pribadi Iko juga tidak lepas dari santapan media. Pada pertengahan Mei 2012 ia diketahui menjalin kasih dengan penyanyi Indonesia, Audy Item. Sebulan kemudian akhirnya keduanya menikah tepatnya tanggal 25 Juni 2012. Pasangan yang memiliki usia 29 tahun ini dikaruniai anak perempuan pada 11 Oktober 2013, dan b=diberi nama Atreya Syahila Putri Uwais.

Baca juga Fakta Menarik dan biodata Natasha Wilona

Hingga saat ini nama Iko Uwais selalu menjadi perbincangan publik, terutama peggemar film laga. Bahkan nama Iko Uwais masuk dalam aktor yang membintangi film Hollywood, Star Wars: The Force Awakens. Dalam film ini, Iko berperan sebagai Razoo Qin-Fee, yaitu anggota Kanjiklub Gang.