Begini Cara Mudah dan Praktis Merawat Rumput Gajah Mini

By Categories : Umum

Memiliki taman rumah yang dipenuhi bunga warna warni dengan paduan rumput gajah mini yang hijau tentu saja dapat menyejukkan mata setiap orang yang memandang. Jika memiliki taman yang seperti itu pastinya dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemilik rumah tersebut. Bagi Anda yang tertarik menanam jenis rumput yang satu ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kesuburan tanah, lokasi penanaman rumput serta cara penanaman rumput tersebut.

Merawat Rumput Gajah Mini

Jika rumput tersebut sudah tumbuh subur di halaman, hal yang perlu dilakukan adalah merawatnya agar terlihat lebih seperti karpet hijau yang. Bagi Anda yang tertarik berikut dalah cara menanam rumput mini yang dapat Anda coba.

Inilah cara mudah merawat rumput gajah mini

Penyiraman secara teratur

Yang pertama adalah dengan menyiramnya dengan teratur. Penyiraman adalah hal penting yang harus dilakukan untuk merawat rumput ini. karena air merupakan sumber makanan utama semua tanaman. Frekuensi penyiraman yang tepat untuk jenis rumput ini adalah minimal sehari sekali.

Pemupukan secara teratur

Yang kedua adalah dengan cara pemupukan secara teratur. Jika air berguna untuk memberi makan rumput ini, maka pemupukan berguna untuk memberikan tambahan unsur hara yang tersedia dalam tanah. Anda juga bisa memilih pupuk tunggal ataupun pupuk majemuk. Pupuk tunggal yaitu pupuk yang mengandung satu unsur hara. Sedangkan pupuk majemuk merupakan pupuk yang mengandung beberapa unsur hara.

Penyiangan gulma

Cara merawat rumput gajah mini selanjutnya adalah dengan cara penyiangan gulma. Seperti yang kita ketahui gulma merupakan  rumput liar yang dapat mengurangi keindahan rumput ini. oleh karena itu diperlukan penyiangan atau pencabutan sesering mungkin.

Penggemburan tanah

Berikutnya adalah dengan melakukan penggemburan tanah. Ketika rumput tumbuh subur pastinya tanah akan menjadi padat dan mengeras. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan penggemburan tanah yaitu dengan menggunakan garpu tanah. Caranya Anda bisa menusukkan garpu ke dalam tanah  dan sedikit diungkit. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penyerapan air dan aerasi udara dalam tanah.

Pemangkasan rumput

Pertumbuhan rumput yang subur juga dapat berakibat pada kedapatan rumbut sehingga rumput akan terlihat bergelombang. oleh karena itu perlu dipangkas agar rumput terlihat rapi dengan menggunakan gunting pangkas besar. Pemangkasan dapat dilakukan 1 hingga 2 bulan sekali tergantung dari tingkat kesuburan tanah itu sendiri.

Pengendalian hama dan penyakit

Berikutny adaah dengan cara melakukan pengendalian hama dan penyakit. Biasanya hama yang sering menyerang rumput adalah ulat grayak. Untuk membasmi hama ini Anda bisa menyemprotkan pestisida. Selain ulat, jamur juga dapat tumbuh pada akar. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan penyemprotan dangan fungisida.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat rumput gajah mini.

Baca juga tipa membuat taman rumah minimalis dan modern.

terms: cara basmi gulma di rumput gajah mini