Alasan Penderita Diabetes harus Berolahraga

By Categories : Kesehatan

Seperti yang kita ketahui jika seseorang yang menderita diabetes maka menjaga pola makan merupakan cara satu-satunya cara untuk menormalkan kadar gula darah. Sebenarnya merubah keseleruhan gaya hidup adalah cara yang terbaik untuk mencegah penyakit diabetes lebih buruk. Selain menjaga pola makan sehat, Anda juga disarankan untuk tidak merokok dan rajin berolahraga. Itu merupakan hal wajib bagi penderita diabetes.

diabetes

Penderita diabetes sangat disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari agar tubuh dapat menanggulangi masalah diabetes. Alsan mengapa penderita diabetes wajib berolahraga, antara lain :

  1. Lebih mudah mendapatkan berat badan ideal

Banyak penelitian membuktikan jika semakin aktif penderita diabetes, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh. Selain diet, olahraga akan membantu lebih cepat mendapatkan berat badan yang ideal. Dengan melakukan kedua hal tersebut maka berat badan akan turun 10 kg dalam satu bulan jika dilakukan secara konsisten.

baca juga Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes

  1. Mempertahankan berat badan

Bisanya penderita diabetes setelah mendapatkan badan yang ideal akan kusilitan untuk mempertahankannya. Agar berat badan Anda tetap normal, lakuakan olahraga secara rutin. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup mengangkat beban secara rutin. Ini merupakan salah satu olahraga yang disarankan bagi penderita yang berhasil mencapai berat badan normal.

  1. Mencegah resistensi insulin

Alasan selanjutnya penderita diabetes harus berolahraga adalah untuk mencegah resistensi insulin. Penyakit diabetes disebabkan karena hormon insuin yang tidak berfungsi secara baik sehingga hal ini menyebabkan gula tidak mempu diserap oleh tubuh. Jika Anda melakukan olahraga secara rutin maka respon sel terhadap insulin secara perlahan akan membaik dan gula dalam darah otomatis berkurang secara perlahan. Membaiknya respon sel ini biasanya mulai terjadi setelah melakukan olahraga selama tujuh hari berturut-turut.

  1. Menstabilkan gula darah

Penderita diabetes harus berolahraga sebagai upaya untuk menstabilkan gua darah. Ini karena olahraga mampu memperbaiki respon sel tubuh terhadap insulin, sehingga semakin sering penderita diabetes berolahraga maka semakin banyak gula darah yang dapat diolah oleh tubuh. Penelitian yang dilakukan di Belanda membuktikan jika penderita diabetes yang tidak pernah melakukan olahraga akan lebih mengalami kenaikan gula darah setiap delapan jam. Sedangkan mereka yang berolahraga secara rutin, kadar gula darah dalam tubuh cenderung stabil setiap hari.

  1. Menguatkan jantung

Terlalu banyak gula darah maka dapat merusak jantung dan saluran darah. Ini merupakan salah satu sebab masalah yang terjadi ada jantung dan tekanan darah tinggi. Solusi untuk mencegah hal tersebut adalah Anda disarankan untk melakukan olahraga yang dapat memicu detak jantung. dengan begitu dapat mencegah jaringan yang rusak karena menumpuknya darah.

Itulah alasan mengapa penderita diabetes harus berolahraga secara konsisten. Selain itu, penderita diabetes juga harus mengatur pola makan sehat. Baik dari segi jumlah, jadwal, dan jenis makanan. Penderita diabetes harus berhati-hati memilih makanan agar kadar gula dalam dalam darah tidak naik. Berikut makanan sehat yang baik untuk penderita diabetes.

Makanan untuk penderita diabetes

Brokoli

Study yang dilakukan oleh Wareick University melaporkan bahwa brokoli memiliki kandungan senyawa sulfforaphane yang dapa memperbaiki serta melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat dari diabetes. Kardiovaskular tersebut juga dapat memicu proses anti inflamasi, mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan produksi enzim yang bertugas mengendalikan senyawa kimia penyebab kanker. Selain itu, brokoli mengandung kromium yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Blueberry

Makanan untuk penderta diabetes selanjutnya adalah blueberry. Buah ini mengandung serat tak larut yang dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh dan serat larut yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Mengonsumsi 2,5 gelas jus blueberry setiap hari dalam waktu 12 minggu maka mampu menurunkan kadar glukosa di dalam darah serta mampu meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan buah blue berry mengandung antosianin, senyawa kimia yang mampu mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin. Dengan meningkatkan kadar adiponektin mampu menjaga kadar gula darah agar tetap rendah serta meningkatkan sensitifitas tubuh pada insulin.

Oatmeal

Penderita diabetes harus memperhatikan sumber karbohidrat untuk tubuh. Hal ini penting karena akan berpengaruh terhadap kadar gula darah. Penderita diabetes dapat mengonsumsi oatmeal yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat larut. Serat tersebut akan lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol. Salah satu oatmeal yang baik untuk dikonsumsi adalah  steel cut oats, yaitu kernet oat yang dipotong menjadi kecil-kecil.

Ikan

Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang mampu meredakan peredangan. Banyak peneliti yang menunjukan bahwa mereka yang memiliki kadar asam omega 3 tinggi di dalam darahnya akan mengalami inflamasi lebih rendah. Inflamasi jika terlalu parah mampu memperburuk diabetes dan menimbulkan masalah berat badan.