8 Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

By Categories : Kesehatan

Mungkin anda salah satu orang yang bertanya apa penyebab gagal menurunkan berat badan karena banyak orang yang melakukan diet tetapi hasilnya tidak memuaskan. Mungkin anda sudah mengurangi porsi makan dan berolahraga beberapa kali seminggu tetapi hasilnya kurang memuaskan.

gagal menurunkan berat badan

Ada banyak hal kecil yang bisa menjadi penyebab anda gagal menurunkan berat badan. Jika hal itu disatukan maka program penurunan berat badan anda akan berlangsung lambat atau bahkan turun sedikit dan kembali seperti semula.

Sebab gagal menurunkan berat badan

1. Tidur yang kurang
Tidur yang kurang, baik secara kuantitas maupun kualitas akan berdampak pada melambatnya metabolisme tubuh. Metabolisme yang melambat tentunya membuat tubuh kurang efektif dalam membakar lemak. Bahkan tubuh kita cenderung menyimpan lebih banyak lemak setelah makan. Kurang tidur juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan serta meningkatkan hormon stres.

2. Makan berlebihan setelah berolahraga
Setelah berolahraga biasanya kita akan merasa lapar. Kalau tidak memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setelah berolahraga besar kemungkinan anda justru menambah berat badan bukannya menurunkan berat badan.

3. Terlalu banyak minum-minuman manis
Minuman manis umumnya mengandung gula sederhana yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Bisa jadi diet anda gagal karena sering minum minuman manis meskipun anda sudah mengurangi porsi makan. Hindari es teh manis setelah makan, soda dan minuman-minuman berkadar gula tinggi yang biasa dijual di minimarket.

4. Makan terlalu sedikit
Tubuh memiliki mekanisme alami untuk mempertahankan diri. Saat jumlah makanan yang dikonsumsi menurun maka mode kelaparan akan aktif. Ini membuat tubuh kita melambatkan metabolisme yang menjadikannya lebih mudah menyimpan lemak dan kalori sebagai cadangan energi. Efek yang terlihat adalah kita akan terlihat kurang berenergi dan berat badan susah turun.

5. Makan dengan porsi besar
Jika ingin program penurunan berat badan anda berhasil maka hindari makan dalam porsi besar. Meskipun anda hanya makan tiga kali sehari bisa jadi itu sama saja anda makan lima kali sehari dengan porsi standar.

Supaya program penurunan berat badan anda tidak gagal makanlah dalam porsi standar 3 kali sehari dengan makanan yang sehat atau 4-5 kali sehari dengan porsi kecil-kecil.

6. Tidak konsisten
Supaya tubuh dapat menyesuaikan dengan pola makan yang baru diperlukan waktu yang lama. Jika anda merubah pola makan terlalu ekstrim misalnya setelah diet sehat pada hari senin sampai jumat kemudian pada hari sabtu dan minggu anda makan dengan porsi-porsi besar hal itu hanya akan merusak pola yang telah anda bangun. Tindakan kurang konsisten seperti ini hanya akan membuat anda kesulitan menurunkan berat badan.

7. Kurang aktifitas fisik
Untuk membakar lebih banyak lemak kalori yang dikonsumsi harus lebih sedikit daripada yang dibakar. Salah satu cara yang mudah adalah menambah aktifitas fisik seperti olahraga, atau kegiatan lainnya. Diet sehat saja tidak cukup, kalau anda tidak menambah aktifitas fisik, proses penurunan berat badan anda akan berjalan lambat.

8. Mindset yang salah
Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan untuk tujuan tertentu misalnya ingin menurunkan berat badan karena akan menikah bulan depan dan ingin terlihat cantik saat memakai gaun pernikahan. Sah-sah saja anda memiliki tujuan seperti itu tetapi ini adalah salah satu mindset yang kurang tepat karena setelah pernikahan bisa jadi pola makan dan kegiatan fisik anda kembali seperti semula akibatnya setelah hari pernikahan berat badan naik.

Saat anda berpikir untuk menurunkan berat badan fokuskan pikiran anda untuk mendapatkan tingkat kesehatan yang lebih baik untuk selama-lamanya dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Bentuk tubuh yang ideal dan pujian dari orang lain hanyalah bonus. Fokuskan usaha anda pada pencapaikan kesehatan yang lebih baik dengan program diet anda.