7 Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

By Categories : Makanan

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat alami merupakan makanan yang memberikan pasokan energi kepada tubuh. Apalagi karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebagai sumber energi untuk tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas, membuat seseorang harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Secara medis mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat secara berlebih justru tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menimbulkan lemak berlebih, pangkal berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu mencukupi asupan protein, vitamin dan mineral harus diperhatikan juga. Terdapat banyak makanan yang mengandung karbohidrat alami. Berikut beberapa bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi! selain beras putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari

7 Bahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Berikut Beberapa Makanan Berkarbohidrat

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Rasa manis menjadi ciri khas buah ini. Selain itu buah ini juga memberikan rasa kenyang terhadap siapa saja yang mengonsumsinya. Buah pisang cocok dijadikan sebagai buah yang mampu menghasilkan sumber energi untuk menjalankan aktivitas seharian. Jangan ragu memasukkan pisang dalam daftar menu sehat Anda.

Kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah kentang. Kentang merupakan makanan yang juga mengandung karbohidrat cukup tinggi. Memberikan rasa kenyang merupakan ciri dari kentang yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk menggantikan nasi bagi Anda yang bosan mengonsumsi nasi. Namun Anda perlu berhati-hati jika mengonsumsi kentang. Karena jika berlebihan mengonsumsi kentang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Jagung

Makanan berkarbohidrat berikutnya adalah jagung. Jagung merupakan salah satu sumber makanan yang cukup tinggi kandungan karbohidratnya. Jagung lebih baik dibandingkan dengan nasi bagi para penderita diabetes. Ini dikarenakan jagung memiliki kandungan yang lebih rendah dalam urusan zat gula dibandingkan dengan nasi.

Gandum

Sumber makanan yang sudah terkenal yang satu ini juga mengandung karbohidrat. Gandum sering digunakan untuk pembuatan biskuit dan roti. Berbeda dengan nasi dan jagung, di dalam gandum terkandung serat yang cukup tinggi serta mengandung gula yang tergolong rendah. Untuk medapatkan sumber nutrisi yang cukup, cobalah mengonsumsi gandum ke dalam menu makanan Anda.

Oatmeal

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat berikutnya adalah oatmeal. Sumber makanan yang satu ini sangat baik digunakan untuk sarapan. Pada umumnya sarapan sangat baik untuk memberikan energi pada tubuh. Oatmeal mengandung karbohidrat yang cukup banyak serta rendah lemak, sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet dan juga untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Telur

Sebagian orang menghindari telur karena suatu alasan seperti kandungan lemak dan kolesterolnya. Padahal sebenarnya telur adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi termasuk asam lemak omega 3, protein, vitamin, serta karbohidrat. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin mendapatkan sumber energi maka konsumsilah telur ke dalam daftar menu makanan sehat Anda.

Beras Merah

Beras merah menjadi sumber makanan berikutnya yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Yang membedakan beras putih dengan beras merah adalah kandungan serat yang lebih banyak sehingga baik untuk pencernaan tubuh Anda.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah kacang, hijau, kacang kedelai, kacang polong memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks dan folic acid dan mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

Buah-buahan

Walaupun masuk dalam ketegori karbohidrat sederhana, buah memiliki kandungan fruktosa tanpa kandungan lemak. Kandungan tersebut dapat digunakan sebagai pemasuk energi dalam tubuh. Buah-buahan yang baik adalah apel dan keluarga berry.

Fungsi karbohidrat untuk tubuh manusia

Karbohidrat memiliki fungsi yang beragam untuk kehidupan  dan menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh sebagai energi, selain dari protein dan lemak. Ada banyak bahan makanan yang mengandung karbohidrat.  Pada umumnya kandungan karbohidrat diperoleh dari proses kimiawi CO2 dan HO2 yang bersifat manis. Sedangkan fungsi karbohidrat untuk tubuh adalah sebagai berikut.

  • Berperan penting dalam proses metabolisme dan berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa dalam tubuh, serta proses dalam pembentukan jaringan sel dan organ dalam tubuh.
  • Karbohidrat mampu mencegah terjadinya ketidaksempurnaan proses oksidasi lemak.
  • Fungsi karbohidrat yang utama adalah sebagai pemasok energi. Dalam satu gram karbohidrat dapat menghasilkan 4 kalori dengan proses pembakaran kimiawi menjadi sumber energi.
  • Makanan berkarbohidrat dan memiliki serat tinggi mampu memperlancar proses pencernaan.
  • Karbohidrat juga dapat dijadikan sebagai pemanis alami, khususnya monosakarida dan disakarida.
  • Fungsi lain dari karbohidrat juga berperan untuk mengoptimalkan kerja protein. Ini terjadi jika tubuh mengalami kekurangan asupan karbohidrat, maka protein mampu menggantikan fungsi karbohidrat sebagai energi dan zat pembentukan tubuh.
  • Karbohidrat dapat memberikan efek kenyang dengan kandungan selulosa-nya.
  • Karbohidrat mampu mencegah terbentuknya proses ketosis. Proses ketosis harus dicegah karena melalui proses ini, fungsi utama karbohidrat  sebagai pemasok energi.

Itulah tadi 7 bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber energi tubuh Anda.

terms: bahan makanan yang mengandung karbohidrat, contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat, bahan makanan yg mengandung karbohidrat, makanan yang mengandung karbohidrat, bahan yang mengandung karbohidrat